Sulawesi II - Palopo Kotanya PHP "Pemberi Harapan Palsu"

13 Mei 2014
Setelah siap untuk bermotor2 ria lagi akhirnya kami bertiga pun di ajak oleh anak Palopo ke Kotanya. Tapi harus sabar karena perjalanan katanya di tempuh sekitar 6 jam perjalanan naik motor whatt???? gilaaa tepos dah pantat gue -__-"
dan yang paling gue malesin berjuang lagi di jalanan yang rusak ituh yaampun naik motor jalan kaki, naik motor jalan kaki. duhhh syuremmm
Perjalanan masih sangat panjang menuju palopo selagi abang-abang ini nyuci motornya gue sama tutut narsis dulu bisa kaleee ^_^

Naik turun naik turun sambil pegangan si tutut karena gue bonceng tiga kayak cabe2an, hahahaha
anak-anak ga tau dimana udah engga keliatan, dari kejauhan ada teriakan "wwoooiiii diiiii ttuuuutttt" sialan kata gue itu suara afit -___- jauh banget dia udah sampe atas sedangkan gue sama tutut lagi jalan kaki engos2an di tanjakan sialan bener dah emang, huuuuaaaa
emang motornya yang engga kuat buat bebah gue, tutut, bang kamal. tapi tetep aja di paksain juga kasian motornya *cepcepcep
setelah sampe atas anak2 lanjut berangkat lagi sial emang capeee nih, huh hah huh hah
mereka motornya kuat dan bebannya engga seberat kita bertiga juga sihh..
jalanan yang rusak menjadi pemandangan kami sore ini sampai pada akhirnya anak2 sudah sampe di warung makan, enak bener dah..
dan banyak durennnnn hueeekkkk berhubung gue engga suka duren jadi gue menghindar jauh2 deh.. mending gue makan emi rebus aja deh, emi lagi emi lagi kiting2 usus gue nih..
duren murah meriah yang katanya enak, hueekk
sampe perut kenyang lanjut jalan lagi ke baraka, tapi cuaca makin lama semakin gelap berhubung udah mau magrib dan akhirnya setelah berlama2 di motor nemu juga jalan aspal rasanya bahagia banget, hahaha
dan akhirnya gue dan tutut sholat magrib dulu di masjid setelah sholat cuss lagi anak-anak yang lain ga tau pada kemana udah engga keliatan sama mata ternyata ternyata mereka neduh hujan dan menunggu kami dari tadi di pos ronda. alhamdulillah
setelah kumpul sama yang lainnya kami neduh dulu sambil ngobrol2 eh ternyata diem2 ada yang minta pin bb gue lohh, ekekekekek *sssttt siapa yaa, padahal gue ga liat dia pake bb entahlah lanjutkan. HAHA
setelah gue kembali menjadi cabe2an bonceng 3 di motor lapar mulai melanda kami semua tiba2 ada tukang sate lewat haduhhh pengennn tapi yang depan cepet banget jalannya jadi ga keburu bilang dehh, sampe akhirnya motor lanjut terus sampai ngelewatin beberapa kecamatan dan kabupaten entahlah gue udah males liatnya gue ngantuk banget akhirnya gue berpindah posisi gue di tengah dan tutut di belakang, sampe akhirnya gue tertidur pulas di motor, ZZzzzZzZZz
bangun2 udah sampe kabupaten toraja cuman melek dikit molor lagi sangking ga kuat nahan ngantuk. tapi tutut minta berenti foto dulu yaampun ancukk
Pintu Gerbang Tana Toraja
ternyata  anak-anak yang lain udah engga kuat nahan laper jadi cari makan dulu, cari makan muter2 ga ada yang halal rata2 babi semua ihh malesin deh, cari kfc ga ada udah tutup pula. akhirnya perut kami semua berlabuh di warung pecel lele di toraja. huaaa senangnya kami akhirnya makan lele, ayam. alhamdulillah
setelah perut kenyang ngantookkk, tapi lanjut ke palopo katanya palopo udah deket sekitar 1 jam lagi, menurut gue oohh 1 jam deket dong kan, tapi ternyata 1 jam dikali 4 maakkkk
pegel motor mogok pula yaampun lengkap banget penderitaan kami semua, akhirnya setelah motor gue mogok gue ganti motor skrg di boncengin sama bocor jadi bertiga, hahaha
dan asal tau tana toraja malam itu sangat2 mistis sepii sunyi banyak kuburan yang ada banyak rumah gadang kosong yaampun takut serem tapi mau gimana lagi harus sampai palopo hari ini juga pokoknya.

15 mei 2014
Engga kerasa hari udah berganti di perjalanan ini waktu menujukan pukul 2 malem WIT alamakkkk waktunya bobo nyenyak ini masih di motor kebut2an jalanannya belok belok naik turun dingin pula kanan kiri gunung jurang busehhh...
akhirnya kota palopo udah keliatan dari kejauhan yaa seengaknya udah keliatan dah dari pada engga sama sekali ;-(
kanan kiri jalan banyak sapi gede2 pula lagi, udah si bocor bawa motor nya ngantuk jadi miring2 bawanya hampir aja motor yang gue naikin nyusruk jurang remnya rada2 ngeblong rem pake kaki alhasil kaki gue dan tutut ikutan turun biar berenti ni motor. akhirnya jam 3 pagi sampe gang basecampnya bang anto alhamdulillah...
     Kota Palopo Dini hari bagus yaa >,<
 engga lama kami langsung molor cari tempat bobo yang pewe dan good night palopo :-)

Entah ini pagi atau malam gue kebangun gara2 suara aneh dari luar gue fikir itu suara kerbau tapi kok aneh bau nya engga enak pula lagi.. Gue kebangun gara2 ada bang anto yang tiba2 masuk ke kamar kasih jus buavita ke meja, eh ini ternyata udah pagi aduhh tapi bau apakah ini baunya busuk engga enak terus ada suara2 engga jelas. langsung gue melongok ke luar jendela dan ternyata taraaaa "ibab" yaampun pantaslah. gue engga pernah liat babi sebelumya secara langsung dan disini berkeliaran gitu aja iyuhhh -_-"
ternyata disini panas banget ya pagi2 juga yaampun ga pake lama gue langsung mandi karena hari ini jadwalnya jalan2 keliling kota palopo dan tana toraja..
setelah selesai gue jemur2 tenda dll, bang kamal sedang mencarikan mobil untuk kita jalan2, yesss setelah tunggu lama jalan cuss yu mareee...
 suasana kota palopo sepi banget engga kayak jakarta
dan kami bertigapun mampir ke tempat makan asli daerah palopo, namanya kapurung.. heeemm bermodalkan penasaran gue cobalah pesan kapurung 1 porsi dan jeng jeng rasanya yaampun bikin pengen balik lagi ke jakarta. hahahaha
mungkin karena lidah gue terbiasa dengan makanan enak2 di jawa kali ya *belagu
kapurung, dange, es pisang ijo aseli Palopo
menurut gue rasa kapurung itu ibarat sayur ikan kuning yang kebanyakan bumbu asam, hueekk
kapurung itu terdiri dari sagu, sayur2an, jagung, yang di beri kuah asem.. bayangin aja rasanya gimana deh
kalo dange itu sagu emang bentuknya seperti roti tawar tapi kalo digigit aneh mungkin gue baru pertama kali makan sagu kering begini jadi muka gue pucet saat makan ini semua, aaaahhh -__-''
muka gue engga enak banget di liat ya >,<
lanjut abis makan kapurung langsung ke Sungai Jodoh, hahahaha
entah kenapa tutut dan gue bersemangat sekaliii saat katanya ada sungai jodoh di palopo asikkkkkk......
tapi sayang sungainya kotor dan banyak banget orang2 mandi disini jadi males deh gue kira sepi kan bisa bersemedi gitu, hahahaha
akhirnya kami semua lanjut ke air terjun latupa, katanya bagus disini yaudah deh lanjutlah dari pada engga kemana2. Kota palopo ini masih di kelilingi perbukitan dimana2 jadi dingin deh engga terlihat kota seperti jakarta yang semerawut banget.. dari parkiran mobil ke air terjun latupa ini cukup jauh dengan perjalanan yang naikkk tangga terus menerus.. yaa gpp deh di nikmatin ajah ;-)
Jalur air terjun latupa - palopo
si bocor sudah ga kuat jalan sampe celananya melorot keliatan kancutnya >,<
perjalanan dari parkiran mobil sampe air terjun latupa 15 menit, dari jalanan tanah, tangga, tanah lagi dan air terjunnnnnnnnnnn...... wahhh indahnya, banyak yang mandi disini aduhh emang enggak dingin yaa.
 air terjun latupa - palopo
 team kamprettt -__-
jadi sepanjangg perjalanan kami ke air terjun latupa kami juga selalu bercanda dengan teman-teman yang lainnya, yaa mentang2 gue dan tutut cewe berdua doang jadi kita selalu ngeledekin para cowo2 ini, antara berengsek vs homo dan berhubung si aidil alias keribo udah punya cewe dan setelah kami berdua tanya2 sama para cowok disini cuman afit yang semangat pilih berengsek yang lainnya diem yaa agak mencurigakan sih tapi pas kami berdua ngandeng bang afit ternyata yang belakang gandeng sesama cowo.. hahahahaha
berengsek vs homo
di area air terjun latupa di palopo ini unik mungkin orang2 disini beraliran reagge sampai2 tempat sampah pun reagee, jadi kalo mau buang sampah reagge dulu bangg pencecet pencecet... hahahaha
 bak sampah reagge...
dari air terjun latupa di palopo kami lanjut ke pantai lambombo, tapi sebelum ke pantai lambobo kami di kasih liat pemandangannya dulu dari atas bukit dan waaaaawww amazing.. semua kota palopo terlitah dari atas bukit ini..
pemandangan kota palopo dari atas bukit
ternyata dari atas bukit ini kita mampir ke museum tangan yang ada di kota palopo katanya patung tangan ini patung tangan terbesar di dunia, kayak apa sihh kita lihat penampakannya cekidot..
 Toddo'Puli'Temmalara'
"keberanian untuk memperjuangkan kebenaran"

Istana Kedatuan Luwu yang di beri nama Istana Langkanae
dari sini kami lanjut ke pelabuhan tanjung ringgit, jarak kota palopo tidak begitu jauh kemana2 sangat deket2 dengan wisata yang lainnya, sebenernya kami mau langsung ke tana toraja karena takut kesorean sampe toraja dan tidak dapet apa2 jadi kami memutuskan untuk besok ke tana torajanya dan di makassar hanya 1 hari saja. yaudah kami semua langsung cuss pertama kami ke pelabuhan palopo disini bagus untuk melihat sunset apalagi sama someone >,< tapii sayangnya cuaca kurang bagus jadi engga begitu keliatan sunsetnya
di pelabuhan tanjung ringgit
dari pelabuhan tanjung ringgit kami semua langsung ke pantai lambobo, kami berharap dapat melihat sunset lebih jelas dari sini tapi pas di depan pintu masuk kami sudah di tagih tiket masuk dengan bapa2 yang sangat galak.. tiket masuknya mahal banget 10rb/org padahal dari depan ga ada istimewanya nih pantai sampe mau masuk aja harus pake tiket. jadi kami semua memutuskan untuk pergi lagi dan seketika bang anto keluar dari mobil ternyata dia kenal dengan penjaga tiket di depan dengan modal salaman dan sapaan gratissss deh kami semua masuk pantai ini..
setelah di liat2 nih pantai ga cocok kalo dipungut harga 10rb/org, pantainya biasa aja ga ada yang wahh dari pantai ini ada outboundnya juga buat anak2 kecil.
pantai labombo - palopo
dari sini kami langsung cari oleh2 asli palopo, kalo makananya sih di jakarta banyak gue bakal cari yang unik disini, tapi sama aja engga ada yang menarik disini.. perut lapar mulai melanda jadi kami pengen makan enak kali ini, gue tutut dan afit sepakat kita makan pizza hut di palopo kata anak2 sih ada makanya kami semua semangat, dan mobil tiba2 berenti di salah satu mall di palopo.. gue "loh kok berenti disini", anak2 "disini pizza hutnya mbak" pas cari2 muter2 mall sekecil itu engga ada pizza hutnya, biasanya kalo mall ada pizza hut pasti ada papannya dulu didepan lambang pizza hut tapi ini enggak ada gue udah mulai curiga dan kesel. "dipalopo ga ada pizza hut kan?" anak2 hening dan gue langsung nyerocos "yaelahhhh, bilang dong kalo engga ada dari tadi pizza hutnya ketauan laper! phpnya kebangetan banget sih ketauan gue mau makan enak" dari sini gue males sama orang2 rasanya pengen pergi entah kemana*lebai
akhirnya gue masuk ke dalam atm dan menuangkan kemarahan gue di depan mesin atm "shittttt meeennn"
keluar2 dari mesin atm mungkin muka gue udah engga berbentuk muka lagi sangking keselnya dan gue males jawab pertanyaan anak2 kalo lagi tanyain gue. dan akhirnya mobil berenti di depan rumah makan. sebenernya gue udah engga nafsu makan tapi mau gimana lagi dari pada gue kelaperan yasudahlah.
sampai pada akhirnya bebek mendarat di perut gue dan ngantookkkkk, akhirnya setelah makan malem kami semua pulang dan beres2 untuk persiapan ke toraja dan pulang besok..
sebelum semuanya pulang kami bersepakat dulu untuk acara besok ke toraja jam berapa sampe pada akhirnya kami sepakat jam 8 berangkat dari rumah yaa jam 8 WIT yaa inget!!! okee
bay bayy seee uuu cerita di toraja...