Sulawesi I - Menggapai Atap Sulawesi Mt. Latimojong Rantemario 3478 mdpl

Sebenarnya ini rencana setahun yang lalu,

pastinya ini ide gila tutut dan gue pergi ke pulau yang belum pernah kami injakan sebelumnya.
tadinya sih cuman bercanda antara kita berdua, "eh jalan-jalan yu capek nih kerja mulu gak kaya2,hahaha"
lontar tutut "gue mau ke toraja yu kesana" gue fikir panjang langsung nyeletuk "kenapa gak summit sulawesi sekalian aja top-in kan lumayan lah sejalur sama toraja" dan hening....
setelah kurang lebih 1 bulan gue menunggu hilang sinyal tutut akhirnya dia bilang "ehh dii, gue ada temen anak palopo nih kmrn abis jalan2 ke papua sepertinya dia bisa temenin kita ke latimojong"
wahhhhh langsung sumringah asik asik....
akhirnya kami langsung merencanakan tanggal berapa nih, yaa dari omongan awal bulan juni 2013 akhirnya kita mencoba untuk sabar -+ 1 taun lagi ngumpulin pundi2 untuk kesana. yaaa cari2 tanggalan yang pas dan akhirnya nemu juga tanggal yang pas minggu2 ultah gue pas rasanya, heehehe

sabar,berdoa,ngumpulin duit,prepare perlengkapan dan akhirnya h-3 bulan tiba
gue dan tutut panik karena tiket mahal, dan ga ada temen lain selain kita berdua nanti kalo kita kenapa2 gimana, itu kan pulau belum pernah injekin nanti kalo kita di culik om om gimana kalo kita di jual gimana ya apalah kecemasan mulai tiba, eerr
dan ga pake lama gue langsung share ke temen2 deket kali aja ada yang mau ikut walaupun budgetnya lumayan banget kesana.
h-2 bulan udah ada yang mau ikut bang afit dia itu temen bareng naik rinjani bulan april taun lalu, tapi dia masih ragu yasudahlah. mau gimana pula.
h-1 bulan gue langsung pesen tiket PP jakarta-makassar, dan tutut belum beli tiket karena masih hilang sinyal. dan gue langsung sibuk beli ini beli itu buat perlengkapan sampe gue pun buat baju dengan desain gue sendiri, hehe
h-10 hari bang afit konfirmasi kalo dia bener2 fix dan sudah beli tiket, alhamdulillah setidaknya ada cowo deh dari pada cewe 2 polos ini ga ngerti apa2.
tadinya hampir ragu karena kita bener2 ga tau apa2 ke sana mau kemana naik apa juga. yaampun
-____-
sampe akhirnya malem2 hape gue berdering dari tutut pas gue angkat dia ngmg gini "di nanti kita sampe bandara ada yg jemput dan nanti kita motoran sampe desa terakhir latimojong terus kita ke palopo baru ke toraja" spicles gue ga ngerti apa yang dia omongin gue cuman bisa bales omongan dia "liat aja nanti tut kita jalanin aja gue ga ngerti apa2, huaaaa"
h-1 gue belum dapet kabar dari tutut lagi karena dia hilang sinyal lagi, huftt dan gue tetep melanjutkan packing yeiyyyy sulawesi i'm comming......
tiba2 siang hape gue ada wasap ternyata dari tututttt aaaaaa dateng juga lo akhirnya, dan dia sudah siap lahir batin buat naik gunung dan explor sulawesi, hahahaha
dan bang afit tetep galau jalanin aja, hahahaha

10 mei 2014
gue udah siap berangkat dan perlengkapan gue sangat rempong, keril isi alat2 gunung tenda, sb, matras, fly sheet, baju2 rempong, 1 set alat mandi.
dan 1 depek gue taroh belakang yang isinya obat2 titipan tutut, banda2 rempong, kamera, dan sebagainya.
jam 7 pagi gue udah siap2 bangun karena semaleman ga bisa tidur #efekjalanjalan
mandi, packing ulang, dan jam 9 gue udah siap jalan ke bandara yaa walaupun gue pesawat jam 3 tapi gpp jaga2 takut ketinggalan pesawat.
pamit ke mamake bapake cuss jalan ke stasiun kereta, sampe stasiun kereta udah pegel punggung gue akibat bawa tas berat depan belakang. ga lama sampe lah di stasiun pasar minggu dan harus jalan lagi yang lumayan lah kalo bawa tas depan belakang gini haduhh sabar diah semangat terminal pasar minggu udah depan mata tapi berat bebanku seakan-akan berat banget #lebai
untung pas banget ada damri yang udah mau jalan jadi ga pake lama langsung taroh keril ke bagasi dan gue pun naik damri ke terminal 1c bandara cengkareng (citilink)..
dan perjalananpun dimulai gue mulai nyengar nyengir sendiri di kaca bis damri sangking senengnya jadi juga jalan-jalannya..
dan gue kecepetan sampe bandara pesawat jam 3 gue udah sampe jam 11 siang, amsyong dah guee. huhuhu
untung gue bawa bekel mie goreng sama nasi dari mamake hahaha lumayan dari pada jajan.
sambil baca buku dengerin mp3, gonta ganti posisi duduk akhirnya bisa masuk cek in juga.
dan well gue bisa masuk ke boarding dengan aman, hahaha
tunggu pesawatnya lagi karena kepagian lumayan lah baca buku lagiiiiii...
tiba-tiba ada panggilan naik ke pesawat yeiiyyyyyyy horeee bay bay jakaredahhh
see uuuu sulawesiii *dalam hati berdoa supaya cuaca cerah di atas awan ameenn...
dan di pesawat gue ga bisa tidur sampe2 gue iseng2 pindahin cincin gue ke jari kiri gue dan damn* jatoh ke bawah langsung lah gue panik mana cincin dari temen kantor gueh lagi mampus lah gue kalo ilang di pesawat ga lucu kan kok bisa ilang di pesawat, haduhhhhh pala gue udah musmet dan akhirnya gue memberanikan bilang ke bapa2 belakang gue liat ada cincin jatoh gak di kakinya dan alhasil bapa2 inya itu heboh dan nyuruh bapa2 sampingnya dan yang sampingnya heboh dan bapa2 sampingnya heboh juga. aduuhhhh mumet
dan akhirnya 4 baris kursi di pesawat heboh nyariin cincin gueh dengan muka gue yang pucet+mual gue pasrahlah kalo ga ketemu juga untungnya kehebohan di dalem pesawat ga sampe ketauan pramugari sama pilotnya alamakkk mimpi apa guehh -_______-
dan ternyata pas kaki gue raba2 ketemuuuuuu dan taraaaaaaaa ternyata nyempil di bawah pelampung hufttt detik2 yang melelahkan dalam hidup gue lebih dari bawa tas depan belakang dari stasiun ke terminal pasar minggu, hahahaha
tanpa berfikir panjang langsung gue masukin lagi cincin ke jari kanan gue dan sangat sangat berterima kasih ke bapa2 heboh di belakang gue *pias
tenang kalem liat pemandangan ke bawah ternyata pesawat gue di atas laut syeremmmm
eh ga lama kata pilotnya udah mau sampe pas gue liat ke bawah ada pulau bagus banget ga tau pulau apa itu kesimpulan gue sih pulau samalona semoga yuhuuuu...
landing dengan sempurna thanks citilink, dan siap2 ke bandara ambil bagasi.
ga pake lama langsung aktifin hape gue wasap tutut dan dia ternyata baru sampe juga alhamdulillah deg degan ternyata dia tungguin gue di tempat bagasi dan aaaaaa peyukkkkkkkkkk kangen2an di dalam bandara coba ama pacal ya :p
dan afit ternyata baru mau naik pesawat aazzzz -___- cabal aja decc yang penting ketemu setelah ambil bagasi yang syuper luama banget entah itu berapa pesawat 1 lobang bagasi tas gue engga muncul2 huftt..
hampir 45 menit gue tunggu tas gue keluar dari bagasi yaampun akhirnya gue memutuskan untuk makan malem dulu sama tutut di cfc bandara, HAHA
kasian tutut katanya udah hampir setaun ga makan fast food :(
dan ternyata kita bakalan di jemput sama 2 orang cowo temen temennya bang anto di palopo, setengah jam tunggu di cfc sambil makan dan akhirnya dateng juga dan whatttt gue spicless tampangnya kayak perampok, hahahaha dan gue sebenernya gak yakin tapi mereka katanya di suruh jadi harus bawa kita ke basecamp dengan selamat, haduhhhh...
deg degan sih tapi ya jalanin aja deh namanya juga jalan-jalan ga jelas enak ga enak ya harus di nikmatin.
with bang aa dan ab -____-
dan kita naik motor sampe basecamp gue fikir basecamp itu rumah atau ya sekre2 gitu tapi ini beda basecamp tenda pengungsian di depan pabrik deket terminal daya makassar. ampun dehh yaaa nikmatin ajalah, sampe di basecamp kenalan dan ngobrol2 sama yang lain dan belum tau kita sampe sini mau ngapain dan kemana *tepokjidat
akhirnya setelah tutut telepon bang anto jadi kita tetep berangkat malem ini ke enrekang whatt?? yaudahlah jalanin ajah, setelah kita tunggu lama karena mobil lagi di carikan di terminal dapetlah kita dengan harga 550ribu ke Enrekang setelah kita makan ngobrol2 selesai lanjut tlp bang afit dan kita janjian di depan bandara sama bang afit. jam sudah menunjukan pukul 12 malem dan untungnya gue duduk di depan karena bapa2 yang temenin kita bawel ngomong mulu, untung ada afit sama tutut yang temenin dia ngobrol dan gue asik dengan hape dan lagu2 di depan, HAHA
dan ga lama pules zzzZZZZZzz......

11 mei 2014
lagi bobo pules dan mobil pun berenti di rumah makan aduh makk ngantuk suru makan jam 2 pagi yaudah lah makan lah aaaakkkk...
bang afit, tutut, diah ^_^
lanjut tidoorr lagi di mobil ternyata jam 5 pagi masih gelap banget disini tenyata kita udah masuk kebupeten Enrekang, yaudah kita pilih spot yang bagus mumpung subuh jadi kita pilih istirahat di masjid besar Baraka-Enrekang deket dengan Pasar Baraka-Enrekang.
istirahat tunggu matahari ternyata temen-temen yang dari Palopo lagi di jalan kira2 sejam lagi sampe yasudahlah kita istirahat tidur2an ampe mati gaya tunggu mereka. Dan sejam menunggu dateng rame2 pake motor yang bener2 deh motornya juga kayak motor2 bodong kalo di jakarta ampun deh *tepokjidat
udah gitu dengan mereka yang semerautan sesuka hati mereka dah pokoknya dan gue tutut afit hanya liat2an ini serius jalan sama mereka whattttt??????
udah gitu motornya mogok lagi pas mau jalan alamakkkkkkkkk
Anak-anak Palopo, Sulawesi Selatan

sambil tunggu motor mogok selesai belanjalah ke Pasar Baraka beli2 logistik buat naik gunung hufttt
terik panas matahari bakar kulit gue alamakkk padahal jam 10 pagi panasnya udah kayak jam 1 siang di jakarta, huftt
 Pasar Baraka - Enrekang, Sulawesi Selatan
Setelah beli2 logistik kami lanjut ke Desa Karangan-Enrekang yaitu Kaki Gunung Latimojong dengan naik sepeda motor kami ga tau mau di bawa kemana pasrah lah pokoknya, hahaha
untung gue dan tutut 1 motor jadi bertiga sama bang kamal di depan, kayak cabe2an. HAHA
dengan rasa pegel dan nahan pantat sepanjang perjalanan gue dan tutut ngakak karena bang afit motornya ga ada stepnya bisa di bayangin dia kakinya turun terus dan bawa keril yang segede gaban, HAHAHAHAHA
hampir setengah jam semua motor berenti dan salah satu dari temen kita tanya warga arah Gunung Latimojong dan ternyata kita NYASARR blasssssss....
udah pasrah banget nahan pegel di pantat ternyata kita nyasar whatttt, ya akhirnya mau ga mau balik lagi ke ternyata lumayan jauh kalo kita balik lagi ya apa boleh buat sambil tanya2 orang kita terus jalan di motor lumayan pegel banget dengan jalanan yang nanjak banget rusak pula jalanannya huft lah sampe akhirnya kita dapet jalanan aspal, huftt leganya sambil nahan kentut sepanjang perjalanan surem surem -__-
Poto-poto dulu lah di jalur
Jalur dari Baraka ke Desa Karangan melalui banyak desa2 kecil banyak anjing berkeliaran dimana2, tapi sayang pas kita lewat hujan pun turun dan jalanan berubah jadi becek, alhasil banyak jalanan yang rusak tanah becek pula lengkap sudah.
Naik motor turun motor begitu seterusnya dari motor bersih sampe kotor banget, sangking capenya sampe yang nyupir ganti2 orang terus. hahaha
kurang lebih perjalanan menggunakan motor 5 jam dari Baraka karena jalur yang di lewati becek,licin, dan jalur yang menanjak terus menerus jadi harus extra hati-hati. GANBATEE ABANG-ABANG!!!!
Sebenernya gue engga kebayang kalo harus menggunakan jeep/truck kesini pasti horor banget secara pinggirannya jurang gitu, haduhh seremmm....
Melewati banyak bukit-bukit dan Desa Karangan sudah terlihat dari Kejauhan, Waaaaaaaaa pengen cepet2 tapi mau gimana lagi jalurnya nanjak jadi jalan kaki ga bisa cepet2 pula. dan akhirnya sampe di tulisan Desa Karangan poto-poto lagiiiiii....
Diah, Tutut, Afit, Bocor
Pas sampe Desa Karangan gue sempet binggung karena disini rumah panggung semua dan banyak anjing dimana2, haduhh kayak perampok di gong gongin mulu. Dan disini banyak anak kecil mungkin karena efek dingin kali yaa *heemm hayooo ngapain uhukuhuk
langsung kami singgah di rumah kepala Dusun Desa Karangan dan kami semua langsung istirahat, anak-anak yang lain pada langsung tidooorrr dan gue afit tutut pake foto2 dulu lah.
setelah gue dan tutut mandi bareng *eeaa langsung cuss belanja2 buat makan malem dan pagi besok..
tapi kita engga berdua aja kita di temenin anak-anak kecil banyak banget buat di temenin ke warung. Desa Karangan ini cukup kecil untuk sebuah desa, ada sekolah SD tidak ada fasilitas apa2 selain lapangan bola. Dan anak-anak Desa Karangan bertubuh kecil2 dan kurus entah karena kedinginan atau faktor makanan yang jelas warung disini juga cuman 4 dan itupun tidak lengkap. huhuhu
anak-anak di desa ini sangat baik dan lucu sangking baiknya padahal kita cuman tanya "dee, beli daun bawang dimana ya" eehh ga pake lama langsung ada 1 anak kecil yang lari dari kejauhan sambil bilang "kaka ini daun bawangnya buat kaka" ooohhh terharu banget perhatian sekali anak kecil itu dan setelah kita cari sayur bayam ga pake lama juga anak-anak kecil itu mengajak kami ke kebun kecil depan rumah 1 anak dan rame-rame menggambil daun bayam ke kantong plastik buat kami bedua, huaaa terharu lagi
poto-poto sama anak kecil desa karangan
dan setelah kami istirahat bobo malam, makin malam makin dingin udara di desa karangan ini untungnya gue dan tutut karena cewe sendiri boleh tidur di atas kasur, huaaa senangnya langsung gak pake lama kasurnya di alasin matras dan sleeping bag dan nite :)

12 mei 2014
Entah pagi atau malem sebenernya masih gelap banget tapi ayam berisik banget udah pada berkokok, aduhhhhhhh tapi kok masih gelap rajin ya ayam2 di sini bangunnya :)
setelah solat subuh dan straching sebentar anak-anakpun bangun dan gue hampir lupa kaloo sekarang tanggal 12 mei *tepokjidat
eehhh untungnya gue punya temen gak pelupa kayak gue langsung tutut ngucapin "selamat ulang tahun diah" yeiiiyyyyy preettttt dan akhirnya temen2 satu per satu ngucapin selamat dan big hugss aaaahhh 0:)
ternyata udah tua juga gue lama2 hahahaha umur gue udah dua puluh tiga mamennn kapan naik pelaminanya ini masa naik gunung molo -_____-"
dan kami langsung packing2 perlengkapan yang mau di bawa, tapi anehnya bang kamal bilang gini "nanti kita bawa 4 ceril aja, yang cewe2 ga boleh bawa apa2" whattt apa maksudnya ya???
tapi gue dan tutut kekeuh mau bawa keril atau engga depek lah masa ga bawa apa2 sama sekali merepotkan banget deh. yaudah akhirnya keril cuman bawa 1 yang isinya alat2 camp dan savety dan depek isi jaket kamera, makanan, minuman, dan jas ujan.
09.00 - 11.00 (dusun karangan - pos 1)
kami berangkat dari dusun karangan ke Pos I
jalur yang di lewati dari dusun ke pos I jauh banget, jalur yang di lewati berupa jalur kebun kopi dan hati-hati jalur ini jalur tanah merah jadi licin sekali. dan banyak sumber air semacam air terjun yang mengalir kecil dari atas.
poto-poto di jalur desa karangan - pos 1
Pos I Buntu Kaciling 1800 mdpl
11.30 - 01.00 (pos 1 ke pos 2)
Jarak dari Pos I ke Pos II luwar binasa, jalur yang nanjak mulu ga berenti2 ga ada bonus ga ada sumber air pula huft lah pokoknya.. udah gitu jalurnya bener2 gila salah injak ranting pohon alamakjangg mamfuslah..banyak jalur batu yang licin jadi harus extra hati2 vegetasinya lebat dan kalo tidak kasih tanda bisa nyasar ini -___-. Pos II itu berupa sungai aliran dari Gunung Latimojong jadi kalo kita jalan suara aliran sungai deras udah makin jelas bertanda udah makin deket. Jarak tempuh dari Pos I ke Pos II membutuhkan waktu 2.5 jam, sangat melelahkan karena tanjakannya yang bener2 gilaaa... Sampai akhirnya sumber air itu udah dekat dan anak-anak yang lain sudah sampai memberikan aba2 bahwa jangan melewati atau menyebrangi sungai dengan sandal, dan kami pun langsung naik kembali karena di atas nya lagi ada jembatan bambu panjang yang bisa di buat penyebrangan, syukurlah gue dan temen-temen tidak apa2. tapi selagi gue serius foto2 ada miss komunikasi antara anak2 pos II dan yang masih di belakang yang ingin ke pos II mereka jalan menyebrangi sungai dengan pakai sandal dan apa yang terjadi mereka terpeleset jatuh ke sungai untung saja kami langsung menolong kalau tidak bisa terseret arus dan aaaa ga tau dehhh...
Pos II itu berupa tebing ya mirip2 goa gitu sih pinggirannya sungai jadi ga usah takut kalo ngecamp disini aman ga bakal kena hujan soalnya tebingnya menjorok ke atas dan banyak air yang melimpah..
Mitos di Gunung Latimojong ini siapapun yang naik musti pake entah di leher tangan kaki atau badan pakai "rotan" yaaa mitos disini gitu supaya aman sampe pulang. ya mau ga mau kami pake. Di pos II kami beristirahat makan siang.
Pos II Saung Pak Pak
01.30 - 14.30 (Pos II ke Pos III)
Sebenernya gue yang siwer apa jalurnya begini ya dari tanjakan awal Pos II ke Pos III aja udah mamam deh yaampun nanjak plus merayap buseetttt -___- bener2 ga ada bonus dan jalur makin licin karena di guyur gerimis yang kenceng, haduhhhh dingin lemes licin capeee semuanya deh tapi harus tetep semangat untuk puncak atap sulawesi brohhh, ayoo semangat2. Ternyata dari yang ga kenal sama anak2 palopo jadi akrab sama yang lain saling cerita saling bercanda. Oia dari awal pendakian kami mempunyai Team Leader dan Sweaper perkenalkan Leader kami namanya Bang Awaludin bisa dipanggi Awal, dia orangnya gesit banget yaa mungkin terbiasa naik gunung. Yang unik dari Leader kita itu dia selalu menyemangati kami2 para cewe2 jomblo, hahahaha.. dan asal tau dia punya bahasa tersendiri kalo nyemangatin kita "SEMANGKAAAAA!!! SEMANGAT ANA'DARA" yang artinya "SEMANGAT PEREMPUAN" hahahahaha
dan kita selalu ngebales "SEMANGAT KALLOLO" yang artinya "SEMANGAT LAKI-LAKI"
kalo Sweaper kami perkenalkan namanya Bang Kamal dia cepet banget kalo jalan dan katanya sih dia cerita dia itu pernah menang juara 1 naik gunung tercepat di Sulawesi ooohh mayy gooodd...
Bang Kamal itu orangnya baik banget mungkin karena gue jalan paling lama paling belakang jadi dia selalu nemenin gue terus, dia orangnya sabar banget ngadepin gue yang jalannya kayak keong racun. hahahaha
dia selalu semangatin terus selalu kasih gue makanan-makanan yang ada di tas dia, hahahaha
yang pake keril Bang Kamal (sweaper) yang pake depek Bang Awal (leader)
setelah sampe pos III nih gunung makin dingin ajah, huaaaa
eh lucunya salah satu dari tim kami yang 11 orang ada 1 orang namanya sesen karena dia tiba2 dikuncir atas karena rambutnya yang gondrong langsung deh gue sebut "ciripa" hahahaha lucu item kocak pula
terus ada lagi nama lapangannya bocor ga tau nama aslinya siapa kalo gue panggil "bocor bocor" kayak iklan nodrop di tipi2, hahahaha... tapi dia kasian ternyata dia naik gunung ini mau melampiaskan kekecewaan karena bocor di tinggal menikah oleh sang kekasih, hiks :(
sudah 3 bulan tak ada kabar dari kekasih ternyata ada undangan di fesbuk kalo cewenya mau nikah dengan orang lain, yaampun tragis banget. tapi gue salut sama bocor dia berusaha untuk move on walaupun itu sangat susah ya seengaknya dia berusaha untuk tidak terjerumus dalam kesedihan yang mendalam. *pukpuk
biru (ciripa) dan fanel (bocor bocor :p)
Pos III Lantang Nase 1940 mdpl
14.30 -16.00 (pos 3 ke pos 4)
SEMANGAT ANA'DARA!! SEMANGAT KALLOLO!!
sepanjang perjalanan teriakan itu sering banget di dengar, gue pengen seperti mereka yang jalannya cepet tapi ga bisa jalur yang kami lewati semakin curam dan nanjak terus-terusan padahal gue ga bawa apa2 selain bawa kamera dan tongkat sakti. tapi apa boleh buat fisik gue ga kuat buat jalur ini. huaaaa emakkkk
demi atap sulawesi semangat diah!!!!
jarak yang di tempuh dari Pos III ke Pos IV lumayan terjal dan menguras energi, huftt
Pos VI Buntu Lebu 2475 mdpl
16.00 - 17.00 (pos 4 ke pos 5)
tadinya kami semua mau terus sampai pos 7 baru ngecamp berhubung gue udah gak kuat jalan jadinya ngecamp di pos 5, dinginnya super duperlah.. dan banyak pacettt iyuhhhhhhh
tanpa lama2 gue langsung gelar tenda dan bawahnya gue alasin fly sheet mana tanah becek lagi duhhh surem alamat dingin banget nih nanti malem :(
setelah tenda di gelar langsung makan2 dengan menu intermie (indomie) sama sarden, hueekk
sebenernya gue anti sarden jadi gue makan indomie ajalah mekar2 usus gue deh..
di pos 5 suhu makin dingin jadi siap2 bawa dobel2an jaket dan segala macamnya ya..
Pos V Soloh Tama 2480 mdpl
13 mei 2014
08.00 - 09.45 (pos 5 ke pos 6)
Pagi-pagi buta udah dibangunin para kallolo, aaahhh ngantukkkk dinginn malessss... bangun cuman masak ager2 terus tidoor lagi. hahahaha
mager banget rasanya alias malas gerak :p
hari ini kita siap2 ke puncak jadi harus siap energi lahir dan batin *lebai
setelah kita udah siap abis makan packing ternyata kita ke puncak ga bawa tas, jadi kerilnya diumpetin sama anak2 tau gak diumpetin ke lubang semak2. hahahaha mentang2 akamsi (anak kampung sini) ya tau aja dah dimana umpetin tas biar aman, haha
setelahh siap berdoa dan jangan lupa tongkat sakti gue langsung cuss ke puncak paling tinggi, dari awalnya gue paling depan tengah lama2 belakang -__- kayaknya emang gue lemah deh gak bisa kejar fisik mereka yang jalannya cepet banget, ampuunnnnnn!!!!
sabar aja deh lama2 juga sampe *berdoa dalam hati
lumayan deket lah jalan dari pos 5 ke pos 6 nanjak sih tapi enggak segila pos bawah kemaren -__-"
Jalur Pos 5 ke Pos 6
10.00 - 12.00 (pos 6 ke pos 7)
"lama lama kok dingin ya"
ga pake lama langsung turun kabut dan hujan byurrrr, huaaaa
dingin banget sueerrrrr
untungnya gue pake dry bag jadi kamera eseler gue aman sentosa deh dan untungnya pula gue bawa jas ujan yaa walaupun plastik tapi berguna bagi nusa dan bangsa ini -___-
tapi lama2 gue kok makin dingin ya gue fikir cuman perasaan aja dan nanti bakalan ilang tapi kok lama2 makin ga kuat ya dan di belakang tinggal gue dan bang kamal aja, oohh noooo
akhirnya gue jalan pelan2 sampe sampe pos 7 belum keliatan dimana, akhirnya bang kamal tarik gue yaampun terharu gue sangking ga kuatnya dinginnya nyohhh gilaaa
pas sampe pos 7 ternyata tutut lagi nongkrong ga kuat karena kedinginan untungnya gue bawa jas ujan 2 husshhh syukurlah temen gue terselamatkan oleh jas ujan plastik ini. akhirnya gue dan tutut peluk2an angetin badan dan langsung cus lagi tapi ga lupa poto2 lageee :0
Udah mati gaya -__-
Pos VII Kolong Buntu 3100 mdpl
12.30 - 15.00 (pos 7 ke puncak)
Menurut feeling gue puncak udah deket tapi ternyata feeling gue salah, bukannya udah deket malah makin jauh. aduhhh ni gunung penipu banget deh... jalur yang kita jalanin semakin terjal dan curam dengan kondisi hujan badai lengkap sudah penderitaan kami semua. dan jalur pendakian berubah menjadi sungai, kami semua nanjak dengan melawan arus jalur pendakian yang di aliri air dari atas. yaampun semuanya udah basah ga ada yang kering lagi, pakai jaket dobelpun basah karena hujan angin :(
dan sampai di Pos 8 pun ada 3 tenda yang ternyata ada orang jerman dan orang jepang, huiihhihihihi gue fikir di gunung ini cuman grup kita ajah ternyata di atas ada orang alhamdulillah bisa ketolong deh, tapi pendakian mereka cukup lama mereka sudah camp di gunung 3 malam buseett gue baru 1 malam besoknya langsung muncak pantes lah gue ngedrop begini mungkin karena gue jalan sama anak2 palopo yang jalannya cepet2 banget jadi mau ga mau ya gue harus nyusul mereka kalo engga gue di tinggal :(
Pos 8 berupa danau, danaunya ga luas sih kecil cuman katanya ini danau tertinggi di Pulau Sulawesi waaawwwwwwww amazinggggg...........
Itu danaunya kecil tapi airnya jernih banget >.<
gue kemaren sempet ngebayangin kalo gue taroh ikan di danau ini bakalan mati gak ya?? dan pertanyaan itu yang ga bisa gue jawab sendiri *mukadatar
mungkin emang rata2 orang palopo "PHP" ya alias "Pemberi Harapan Palsu" katanya dari sini udah deket banget dan puncaknya di atas sana *sambil nunjukin arah pake jari
gue fikir oohh disitu deket dong yahh paling setengah jam lagi sampe, dan ternyata setengah jam pun berlalu, sejampun berlalu, dan ga ketemu2 puncaknya dimana. hujan badai terus berlanjut lapar mulai melanda dan temen2 pun hilang satu persatu dari pandangan yang ada hanya bang kamal, gue dan suara deburan badai yang disertai hujan sepanjang perjalanan. "dingin banget *sambilnyedotingus" hentakan kaki lama2 berubah menjadi pelan sambil menahan gigi yang terus2an berbunyi, dinginnya sampai tulang rusuk, pipi sudah engga kerasa tangan apalagi, dan gue pun terjatuh. hanya ada bang kamal di samping gue yang tadinya dia biasa aja berubah menjadi panik "di, di kamu kenapa kamu ga papa" gue cuma bilang "bang anterin gue sampe puncak gue ga kuat dingin pelan2 ga papa ya, gue mau ketemu anak2, mau di peluk anak2" dan bang kamal langsung nuntun gue perlahan2. entah kenapa gue liat sekeliling gue berubah seperti gue bukan di gunung, pemandangan pun berubah menjadi mistis ketika gue melihat sekeliling gue batu tingkat disusun rapih, gue ga ngerti maksud itu apa cuman gue merasa takut dan pengen cepet2 ketemu yang lain. gue udah ga kuat tapi gue harus kuat, sampe2 gue berfikir apa mungkin ini tri summit yang terakhir ga bakal ada summit2 selanjutnya di hidup gue, apa mungkin gue bakal mati kedinginan disini tubuh gue dingin semuanya dingin bagaimana caranya gue ngatur nafas gue dengan iringan angin badai, bagaimana caranya gue tetep menghangatkan jantung gue, bagaimana caranya gue tetep bisa lihat walaupun pandangan gue cukup pendek karena kabut dimana2. gue langsung bertanya bang kamal "bang, apa masih jauh puncak gunungnya" dan bang kamal bilang dengan pasrah "jauh di......" duduk jalan duduk jalan, suara anak2 ga kedengeran dimana sih kalian ini *dalamhati
pandangan gue tiba2 berubah ketika gue lihat bendera merah putih berkibar di tiang, gue fikir itu hanya tanda aja tapi pas gue tegesin ternyata itu tugu dan bang kamal langsung sontak "diahhhh itu puncakkk tugunya keliatan" ga pake lama gue langsung lari sekuat tenaga gue, entah lari atau jalan yang gue rasain gue mau ketemu anak2 kangennn.. dan apa yang terjadi saat gue di hadapi tugu gunung latimojong gue berasa ga bisa berbuat apa2 tugu ini saksi hidup gue di gunung ini. gue terharu dan meneteskan air mata ternyata tutut dan afit lagi enak2an di tenda orang lain, sontak langsung gue teriak "tututtttttttttt afittttttttttt peluuuukkkkk guuuueeeee" langsung afit dan tutut lari peluk gue seerat2nya huuuuuu dan gue pun langsung nangis ga beraturan, hahaha
ternyata di puncak ada yang ngecamp sekitar 6 tenda dan mereka dari team jalan-jalan hore, ga pake lama team itu menyuruhkan gue masuk ke tenda mereka untuk menghangatkan diri. alhamdulillah syukur atas nikmatmu yaallah.. rasanya gue pengen pingsan sangking lemesnya dan alhamdulillah lagi gue langsung di sodorkan minuman hangat dan biskuit, yaallah terima kasih 0:)

Menggapai Atap Sulawesi 13 Mei 2014 3478 mdpl Top markotoppp....
Gunung Latimojong - Sulawesi Island
Rasa bahagia, haru, senang, canda dan tawa pun terlontar dari kami semua..... Senang itu ketika gue bisa peluk dan cium tugu puncak tertinggi waaahhh rasanya bahagia banget. Terima Kasih Temen-Temen *bighug
dan sesuai kenyataan perjalanan belum berakhir, perjalanan sampe basecamp desa karangan masih jauh banget ya tapi harus di nikmati apapun yang terjadi. heeemm setidaknya gue udah bangga sama diri sendiri berhasil sampe gunung tertinggi di Sulawesi ini walaupun gue bukan orang yang pertama kali nginjek pulau sulawesi ini :)
seperti kata2 mutiara "Badai Pasti Berlalu" dan ketika gue turun pun badaipun berlalu seperti enggan untuk menggangu kami lagi. cerah walaupun tak ada sinar matahari langsung. entah kenapa mungkin ini cobaan dari gunung latimojong naik gunung ini dengan keadaan badai mungkin gunung ini mau kasih kenang2an buat kami semua, hahahaha
dan entah kenapa gue lebih sehat dari pada sebelumnya berasa gue abis makan banyak, rasa lapar pun hilang. dan gue semangat untuk turun kembali ke pos 5, yaa walaupun jalannya menurun dan licin banget gue punya andalan yaitu tongkat sakti yang turun dari langit, hahaha
gue nemu di puncak dan langsung gue ambil untuk bantu gue sampe bawah, lumayan lah :)
kami ga banyak ambil foto karena udah males tapi setidaknya ada beberapa foto yang kami jepret
Perjalanan turun ke Pos V
Ya kami semua terbagi menjadi 2 tim, tim cepat dan tim woles :)
dari dulu gue selalu menjadi tim woles entah kenapa woles aja yang penting sampe toh..
15.00 - 17.00
Sampe di pos 5 ternyata tenda kami semua sudah di dirikan oleh anak2 di depan, sebenernya gue males kalo musti nginep lagi karena ga ada makanan dingin pula ngecamp di pos 5 jadi mending turun lagi. tapi apa boleh buat yang bawa keril kami kan anak2 palopo jadi ya terserah mereka juga mau gimana baiknya ngecamp atau lanjut turun. Setelah kami sampai Leader dan Sweaper kami pun berdebat antara ngecamp dan melanjutkan turun, alhasil keputusan itu di balikan oleh kami bertiga. yaaa kalo menurut gue sih bebas lah mau ngecamp tapi ga ada makanan kalo turun ya sok aja. dan mulailah voting..
80% dari jawaban anak2 palopo mending memilih turun dan jalan malem, okeeyy ga masalah..
dan setelah kami makan ngisi perut doolllooo lanjut packing dan cusss
berbekal senter, dan ternyata anak2 palopo ga pada bawa senter, alamakkkk
untung gue bawa senter 2 hufttt...
ada yang pake hape lah, power bank lah, senter korek lah.. yaampun penderitaan belum selesai
 -______-

18.30 - 01.00
Perjalanan pun di rapatkan tidak ada yang boleh duluan tidak ada yang boleh tertinggal. Gue dan tutut akhirnya di depan tapi di kasih jarak oleh bang awal, jadi yang paling depan bocor, tutut, bang awal, diah, ciripa, ade kecil, yusnan, afit, keribo, bang kamal, bang anto. Sejam dua jam pertama masih fit karena jalur masih aman setelah kami melewati pos 4 dan pos 3 energi sudah mulai berkurang. dan jalurpun menurun makin terjal yang tadinya bermodalkan tongkat sakti sekarang dengan cara lama yaitu "ngesot" hahahaha
dari pada kepeleset masuk jurang mana malem lagi mending duduk terus ngesot2 deh jalannya, hahaha
pacet satu persatu menyedotkan mulutnya ke kaki gue, tapi tidak berasa karena sibuk dengan arah pandang jalan dan pantat, hahaha
rasa ngantuk mulai melanda, ngantuk banget tapi mau ga mau kita harus sampai desa malem ini juga. di sepanjang jalurpun di semangati oleh leader kami, huftt
dan suara air pun makin terdengar yang artinya pos 2 sudah dekat langsung kami buru2 biar cepet sampe, ahhh tapi apa boleh buat jalurpun makin susah di lewati apalagi kalo jalurnya udahh gelantungan di akar aduuhhh bawahnya jurang itu yang bikin deg2an tapi apa boleh buat tutut pun ga kuat jalan karena dia jatoh mulu, dan dia di pegangin bocor ciyeeeeee :-* uhukkk
dan gue ya di pegangin leader lah, hahahahaha
leader gue orangnya baik dia selalu menjagaku disaat aku susah untuk berjalan dia selalu menolongku *lebai
sampe di pos 2 pun kami langsung istirahat dooolllooooo....
ngantuk ga kuat rasanya mau nyender terus plek ngorok deh,, hahaha
cuman ga bisa mau ga mau kita harus turun sampe desa malem ini juga.
jalur pos 2 ke pos 1 itu nanjak banget jadi harus extra hati-hati apalagi jalan malem sedikit salah injek ranting alamakkk gudbay..
tapi hebatnya anak2 palopo itu kan dia naik pake sandal jepit pas turun mereka nyeker, aduuhh
ada yang safety ada yang ga memikirkan safety sama sekali yaampunn..
tapi gue bahagia ketika turun sampe pos 1 engga ngerti gue pokoknya bahagia *eeeeaaaa
tadinya kita mau lanjut sampe desa karangan tapi karena tutut udah ga kuat jalan jadinya kami memutuskan untuk nginep di dalam gubuk pos 1. tapi ada yang aneh dari tutut sempet dia coba jalan bisa tapi matanya merem aahh entahlah kalo menurut gue sih tutut efek ngantuk bukan karena sakit kaki. tapi kita coba tanyakan besok pagi. tapi air kita abis jadi musti ambil air sebenernya gue males banget ambil air tengah malem gini jauh pula cuman ga ada yang mau ambil air mereka pun sibuk urusin dirinya masing2. nyeselin cuman masa mau merepotkan mereka mulu yang udah bawa keril kami. yaudahh dengan ajakan bang kamal gue pun mau ambil air deh, ehh ga lama bang afit nyusul syukur deh ada orang lagi selain kita berdua. jalur ambil air itu buseeettt terjal banget kanan kiri kebun kopi tapi terjalnya minta ampun dah kepeleset dikit alamakkk baybay deh.. gue sempet ngebayangin kalo naiknya lagi ke gubuk gimana caranya turun aja terjal begini apa lagi naik ya yaampun hiks :(
setelah kami bertiga ambil air dan gue padahal ga bawa apa2 air udah di bawain sama bang kamal dan afit cuman gue cape engos2an karena jalur naiknya parah banget sampe cape seakan2 ga sampe2 yaampun, huftt..
setelah ambil air selesai ternyata di dalam gubuk udah gelap banget dan banyak suara ngorokkkk yaampun cepet banget pulesnya deh -___-"
gue binggung tidur dimana dan ternyata kami bertiga ngobrol2 dulu diluar sambil memandang langit yang indah *duilehh
tapi lama2 ga kuat juga karena dingin dan ngantuk langsung ambil jaket sleeping bag dan tidooorrrr selamat malam latimojong zzzZZzZZzzz.......

13 mei 2014
Pagi-pagi udah di bangunin anak2 yang lain siap2 untuk turun ke desa karangan, hufttt sebenernya males banget tapi mau gimana lagi lafarrrrr....
huaaaa bangun tidur ciripa begaya >,<

Gubuk yang kita boboin semaleman ;-)
setelah packing selesai kami langsung cusss ke desa karangan karena masih pagi gue masih fit dan perjalanan turun gue susul dengan lari. ahaaaa
1 jam sampe desa karangan langsung beres2 akhirnya sampe juga tapi gak lupa ada2 aja orang cape di fotoin sama bocor
ga pake lama mandiii doooloooo akhirnya gue mandi juga berhubung kamar mandinya engga banget dan gak ada air jadinya gue mandi di sungai sama anak2 yang lain.. asiiikkkk mandi di sungaiii
airnya dingin banget jernih tapi ada sedikit insiden ketika shampo gue nganyut kebawa arus gara2 gue kepeset *blakkk dan anyutttt untung bukan baju gue, makkkk ga punya baju lagii ini..
dan setelah mandi di sungai anak2 duluan ke basecamp tapi gue masih lanjut biasa deh cewe itu rempong kalo mandi agak lama banyakk yang di bersihin :p
tapi gue ga suka ada bapa2 tua di jembatan kayu mandangin gue dan tutut mandi dengan polos
-_____-
setelah tutut omelin ada nene dateng marah2 ke bapa2 tua itu, aaahh hahahaha engga ngerti deh yang penting gue mandi.. mandi sudah packing sudah lanjut tulis2 baju, kebetulan gue bikin baju ekspedisi ke latimojong ini gue segaja buat kenang2an aja. dan baju ini di tulis pesan dan kesan anak2 deh terharu sedih ternyata kita sampe juga bersama2 aaahhh bighugg
 alhamdulillah ya sesuatu ;-)