Sulawesi III - Land of The Heavenly Kings - Tana Toraja

16 mei 2014

bangun karena suara babi dan bau babi, eeerrrrggghhh
masih butuh tidur yang lama tapi hari ini lanjut ke tana toraja, aahh
mandi dengan rasa malas akhirnya kami bertiga pun siap di depan basecamp.
tapi gue ga yakin kayaknya acara ini bakal ngaret deh secara jam udah jam 7.30 tapi orang2 belum pada bangun juga yaampunn.. lama2 jam menunjukan pukul 09.00 WIT dan mereka belum mandi dan persiapan, muka gue dan tutut yang udah enggak sabaran dengan tingkah laku mereka yang jam karettttt banget sihhhh.... mereka itu mungkin bukan berada di posisi kami yang penuh dengan targetan2 kesana kemari jadi mereka santai dan tanpa dosa.. kalo gue engga di basecamp ini juga udah pergi mungkin pagi2 untuk ke toraja, tapi kan gue menghormati orang2 disini juga tapi merekanya aja yang emang begitu kali..
jam 10 pun akhirnya kami semua berangkat dari basecamp menuju tana toraja, yang gue males itu saat di perjalanan jalan yang berliku liku naik turun kanan kiri aduuhhh rasanya mual banget tapi engga masalah untung gue kuat, hahaha
sampe di toraja kami semua mampir ke pasar bolu disini kami pun beli buah dukuh kalo kata orang bilang dukuh itu langsat namanya, hahaha aneh ya..
pasar bolu - tana toraja
alhamdulillah kami ke sini di kasih cuaca yang sangat cerah, jadi engga perlu khawatir hujan disini. dari pasar bolu tujuan pertama kita itu kete kesu
1. Kete Kesu
dari pasar bolu ke kete kesu itu engga begitu jauh cuman masuk ke gangnya emang kecil jalanannya patokannya dari pasar bolu yaitu patung kerbau polkadot sama petani..
pintu masuk kete kesu harganya 10rb/org. dari parkiran mobil rumah gadang di kete kesu udah keliatan gue seneng banget akhirnya engga lewat internet lagi liatnya sekarang dengan mata kepala sendiri, rasanya mau teriakkkkk aaaaauuuuooooo...
 kerbau yang harganya 300 juta, alamakkk

kuburan para tetuah di tana toraja

entah patung apa beneran serem bangetttt -___-"
 kuburan baru di kete kesu

belanja oleh-oleh ^-^

pakai baju adat tana toraja ^0^
2. Londa
jarak dari kete kesu ke londa tidak terlalu jauh, biaya tiket masuk londa pun sama dengan kete kesu cuman disini lebih horor di banding kete kesu. sayangnya yang kurang dari wisata disini tidak menerus seperti wisata yang lainnya jadi misalnya turis yang dateng kesini di beri paket wisata keliling tana toraja jadi tidak usah beli2 tiket lagi -___- *usul
sampe di londa ada pandangan yang sangat aneh ketika ada seekor kerbau yang sangat sekel/besar banget nongkrong di depan pintu masuk londa, aduhh alamakkk ngeri kabur nih kerboo..
 ini kerbau yang di pajang, geliiii iyuhhh

ketakutan megag keboo ihhh
 #selfie di londa
sama tengkorak kepala manusia...
 beli kopi arabica tana toraja
 makanan khas tana toraja baso babi -__-"
simbol patung kuda dan rumah gadang tana toraja
3. Bukit Singki - Rantepao
Setelah kami susah payah cari makan di tana toraja jarang sekali warung muslim disini sekalinya ada engga meyakinkan kalau itu bener2 warung muslim halal, sampe akhirnya kamipun bertanya2 kepada orang2 disini warung muslim yang halal, dan kami pun melabuhkan perut kami di warung muslim depan baso babi perempatan rantepao.. setelah puas makan, kami lanjut ke Bukit Singki sebenarnya gue males karena bukit itu ada tanda salip yang sangat besar, berhubung gue muslim gue rada males sebenernya cuman anak2 ajakin gue kesitu yaudahlah mau ga mau gue musti ikut bismillah lah...
saat di parkiran di kasih tau kalau perjalanannya ikutin anak tangga dan nanjak terusssss.....
yaudahlah jalanin aja dan nanjakkk terussss sampe pegel kaki gue nanjak mulu abis naik gunung masih sakit gini..
tapi pemandangan dari atas brohhhhh menakjubkan sekaleeee, duhhh satu kabupaten tana toraja keliatan semua dari atas bukit ini :-) sebenernya bisa liat sunset dari atas sini tapi berhubung langit engga mendukung alias mendung jadi yaa nikmatin yang ada aja deh..

jalan-jalan terakhir sama anak2 sayangnya engga semua anak2 ikut jadi cuman sedikit tapi sanggat berkesan banget, sampe2 di jalan gue selalu bilang gini ke tutut "tut sekarang pulang ya" seperti ada penyesalan yang dalam *ciyeehh tapi bener-bener ini jalan sama anak2 yang belum pernah di kenal sebelumnya sangat berkesan huaaaaaa *sampenangistulisnya ;-(
sampe pada akhirnya kami semua di mobil menuju palopo lagi dan bersiap2 untuk packing setelah ambil loundrian di kota, kami packing buat pulang ke makassar. sebenernya gue sedih banget untuk pulang dan entah kenapa di dalam basecamp anak2 udah pada dateng semua gue sedihh banget pengen peluk2 mereka semua nanti, dan packing pun selesai kami pamitan ke anak2 huaaa sedih banget tapi mau gimana lagi namanya pertemuan pasti ada perpisahan dan gue benci ini semua kenapa harus ada perpisahann, huaaa
setelah leader dan sweaper kami memberikan ucapan perpisahan dan terima kasih kepada kami bertiga dan gue pun engga tahan pengen nangisss.. dan akhirnya kita bertiga pun sama-sama berterima kasih pada kalian semua, tanpa kalian semua kami engga bisa sampe puncak gunung tertinggi di sulawesi ini. makasih yaaaaaa... walaupun kami semua cengeng tapi jasa kalian sanggat engga bisa di lupain seumur hidup gue
ade kecil (rendy), aidil, ciripa (sere), bang anto, bang kamal, bang awal, bocor, yusnan. semuanya gue sangat sangat berterima kasih kepada kalian *peluksatusatu
sebenernya gue ga mau pulang karena gue masih kangennn sama kalian ini tapi mau gimana lagi, semua ini hanyalah sementara dan gue udah niatin "bismillah suatu hari nanti gue akan kembali ke palopo dan bertemu kalian semua itu pasti, amin ya robal alamin"

sampe akhirnya kami semua masuk ke dalem mobil dan di antar ke PO bus untuk ke makassar malam ini juga, gue sediihh banget, tau enggak masa anak2 malah makin banyak yang antar kami semua anak2 dari KPA Gerhana anterin kami semua juga, sampe akhirnya gue dapet bis yang sempurna bis ac, bangkunya juga tiduran beuhh mantapp. dan kerilpun di masukin ke bagasi dan gue sedihhhh dan pelukin anak2 tapi ada 1 orang yang gue kasih kenang2an pribadi eeaa moduss dududududu lalalalalala
dengan berat hati gue mengucapkan salam ke mereka "kita pulang yaa dada terima kasih semuanya asalamualaikumm" dan gue pun masuk ke bus itu. dan engga lama ada bbm dari eeaa katanya "hati-hati di jalan ya :-(" eeaa modus di mulai dan gue pun terlelap bobo karena nguantuk banget yaa walaupun sambil bbman ama doi. hahahahah modus dusdusdus
"good by palopo terima kasih palopo terima kasih teman-teman i miss u"