Backpacker Banyuwangi (Baluran, Gunung Ijen - Blue Fire, Red Island)

Lagi-lagi liburan kejepit di bulan juni 2015, binggung mau kemana dan akhirnya gue memutuskan untuk jalan ke BANYUWANGI..
2 bulan sebelumnya gue pun cari-cari temen untuk nemenin gue backpackeran.. Kalau jalan sendiri itu rasanya sepi minimal berdua lah biar ada temen ngobrol..
Saatnya mulai racun-racuin temen-temen gue HAHAHA!

Awalnya sih banyak yang mau ikut backpackeran tapi ujung ujungnya cuma berdua jalannya, Reska namanya dia temen kampus gue padahal baru kenal 1 semester tapi kita udah deket banget ^_^
Satu bulan sebelum jalan gue udah membuat itinerary perjalanan panjang ini, karena kami backpackeran jadi sebisa mungkin harus irit seirit iritnya, hahaha

Dan perjalanan panjangpun dimulai . . . . . . . . . . .

30 Mei 2015
Kereta yang sebulan sebelumnya sudah kami pesan akhirnya dipakai juga, kami berangkat menuju Jogjakarta dari pasar senen.. Tiket kami menujukan pukul 22.30 malam, hari sabtu kami masih ada kuliah karena sebenarnya kami jalan-jalan di bulan UAS yaampunnn jadi kami harus wajib kuliah biar enggak ketinggalan informasi pelajaran.. Karena takut tidak terburu perjalanan dari rumah gue ke pasar senen jadi gue dan reska berpencar kami janjian setelah jam isya di stasiun pondok cina. Yaa walaupun gue harus meninggalkan pelajaran Rekayasa Jalan Raya dari pada enggak jadi jalan-jalan iya gakk, hehehe
Setelah magribpun gue langsung pulang dari kampus menuju rumah untuk finishing packing-packing dan mandi dulu, uuuyyyyeee
Adzan isya pun berkumandang sedangkan gue belum berangkat juga dari rumah, huaaa takut ketinggalan kereta *pengalaman ketinggalan kereta ke jogja *.*
Naik commuterline dari stasiun citayam ke stasiun pasar senen, setelah janjian dengan reska di stasiun pondok cina gue suruh dia naik kereta yang gue naikin biar enggak bolak balik..
Perjalanan dari stasiun citayam ke pasar senen lama banget, secara dari selatan ke utara.. Akhirnya gue turun di stasiun kemayoran dan langsung jalan kaki menuju stasiun pasar senen.. Lumayan lah jalan kaki 15 menit itung-itung latihan fisik sebelum naik ke gunung ijen.. eeaaa
Sampai di senen keretanya langsung ada, dan ternyata reska enggak ada KTP dia lupa kalau KTPnya buat perpanjang STNK jadi dia ke tempat cek-in kereta pake SIM dan untungnya bisa alhamdulillah...
Kereta PROGO kelas Ekonomi yang kami taiki penuh dengan orang-orang yang akan liburan ke jogja, sampe-sampe di depan duduk gue ada dua cewek yang pengen liburan di jogja.. Jogja memang kota liburan deh toppp markotop!!

duo bidadari ^_^

Lapaarrrrr!!!! tapi restorasi belum dateng juga, nahan lapar sambil di bawa tidur dan bangun-bangun tiba-tiba mas mas restorasi datang nawarin "nasi goreng" sambil senyum manis di depan mata gue yang setengah sadar karena tidur.. gue pun langsung bangunin reska yang laper juga, reska pun cuma liat sebentar langsung tidur lagi. hahahaahaha

31 Mei 2015
Pagi-pagi bangun karena ada sinar matahari masuk ke jendela kereta, waahhh sebentar lagi udah sampe jogja akhirnyaaahhh...
Setelah sampai pun gue langsung cari makanan buat sarapan pagi dan bekal di kereta dari jogjakarta ke surabaya, ampunnn naik kereta lageee -___-
Sarapan kali ini di jogja gue memilih menu soto ayam+nasi, kalau reska memilih menu gudeg telor, nyeemmm

Menu Sarapan di Jogja

Kami transit di jogja cuman 2 jam, jam 7 pagi sampe jogja lanjut lagi naik kereta ke surabaya jam 9 pagi..

Tiket - tiket Perjalanan Panjang
Keril = Nyawa
Warung Gudeg depan St.Lempuyangan
Gue bawa-bawa rumah -___-

Cek-in Kereta Lempuyangan - Surabaya

Setelah kami masuk ke stasiun kami berdua asik foto-foto di jalur kereta, kita berani masuk ke jalur kereta juga karena kosong enggak ada kereta tiba-tiba ppprrriiittttttt............ petugas nyuruh kita minggir dari jalur kereta yaahh orang keretanya belum ada pak :(
Gara-gara foto ini kena sempritan bapak petugas, ampuunn pakk -__-

Setelah keretanya dateng ternyata tempat duduk gue udah ada yang nempatin ibu-ibu, yahh yaudah deh gue ngalah :(
udah gitu kaki ibu-ibunya selonjoran di depan gue, alhasil kaki gue enggak ada tempat secara kelas ekonomi kan sempit.. Duhhh ibu-ibu ini -_____-

6 jam duduk di kereta, sekali-sekali keretanya berhenti gue turun di stasiun lurusin badan... huaaaaahhh tidur bangun makan tidur bangun makan, wakakakakak

Bobo cantik *-*
Bangun tidur langsung makan, horeeeeee
Setelah sampai di surabaya kami berdua sudah dijemput sama temannya reska, Ayu namanya dia teman SMPnya reska di panggandaran, setelah long time no seean reska dan ayu kami langsung ke kos-kosan ayu di surabaya kami bertiga naik taxi dari stasiun gubeng ke kos-kosan ayu.. Sebenarnya banyak taxi di pintu keluar stasiun tapi suka di kenakan tarif suplisi gitu makanya ayu booking via telepon ke taxinya..
Stasiun Gubeng Surabaya
Reska dan Ayu
Perjalanan 15 menit sampe juga di gang kos-kosan ayu, sampenya di dalam kos-kosan gue dan reska pun langsung rebahan badann huaaa alhamdulillahh.. setelah berjam-jam duduk dikereta akhirnya bisa rebahan juga wkwkwkwk
Langsung gak pake lama kami berdua pun mandi karena jadwal kami di surabaya adalah jalan-jalan keliling kota suroboyo.. Tujuan utama kami berdua sebenernya foto-foto di patung buaya dan hiu sebagai simbol rek arek suroboyo dan ice cream zangrandi oke cekidot..
1. Patung Hiu dan Buaya
Lagi-lagi transportasi kami adalah taxi, sebenarnya ada angkot disana tetapi jarang-jarang jadinya mending naik taxi.. Perjalanan 5 menit dari kos-kosan ayu sampe patung hiu dan buaya.. Disini banyak yang bisnisin foto amatiran, seharusnya bebas disini tapi kami bertiga pun cuek aja kalo enggak bisa-bisa kami dibisnisin sama abang-abang fotonya -____-

2. Taman Bungkul
Disini katanya banyak jajanan kuliner suroboyo, saatnya icip icippp :p

Setelah kami puas muter-muter di taman bungkul kami cobain "berondong" cinnnn... hahahahaha
ternyata berondong itu makanan jagung pop corn yang dicampur sama kelapa parut muda, garam, dan gula.. jadi rasanya campur aduk deh, hehehe.. Bukan "bronis" berondong manis >,<

Berondong Manis >,<

Lanjut kami jajan opak, opaknya dicampur sama bumbu khas gitu enakk banget nyeemmm.. Ada juga sate usus ayam,bumbunya ueenakk tenan.. Rempah-rempahnya sanggat terasa maknoss cinnn!!

Opak Enak
Sate Usus Ayam
Pas kita lagi asik makan, kami lihat ada komunitas pecinta ular. ampunn!!
Sebenernya gue males, tapi reska maksa-maksa gue minta lihat lebih dekat dan pas udah dideketin reska malah gak berani yaellahh reskaaa -_____-
Tadinya gue takut parno-parno gitu liet ular, padahal gue udah pernah pegang ular dulu di Batu Secret Zoo di malang, tapi kok nyali gue jadi ciut ya skrg -__-
Ngambil informasi dari mas-mas ularnya ternyata ini bukan komunitas ini hanya yang senang sama ular aja jadi kumpul bareng.. Ternyata mas-masnya punya banyak ular di rumahnya yang dibawa ini salah satu dari koleksinya heemmm
Mas-masnya beli dari kecil dan dalam hitungan -+ 4 bulan udah segede gini yaampunnn -___-
Gue takutttt tapi penasarannn!!!! Dan akhirnya gue mencoba untuk memegang ular walaupun deg-degan tapi mas-masnya mencoba membantu gue sampe mas-masnya bilang gini "tatap mata saya jangan ke ularnya oke!" wkwkwkwk namanya juga parno mas -___-
Gue takut sama kepalanya takut tiba-tiba dicokot -__- akhirnya gue mencoba walaupun ngeri-ngeri gimana gitu soalnya badan ularnya itu geliat-geliat gitu ihh geli deh -__-

Mas mas said "tatap mata saya" wkwkwk
Mencoba untuk berani >,<
Berani tapi takut! Lah -__-

Cium Ular, hueeeee

3. Sate Kelopo Suroboyo
Dari taman bungkul kami bertiga stopin taxi lagi ke tempat kuliner sate kelopo di surabaya, pertama kami kesini masih agak sepi tapi lama-lama rameee beneerrrrr.. Katanya sate kelopo ini enak, gue pesen sate kelopo pake lontong, beuhhh gak nyesel deh makan disini maknosss!!
Tadinya gue mau nambah tapi lontongnya abis yaudah deh selesai makan sate keloponya :(

4. Zangrandi Ice Cream
Dari Sate Kelopo kami bertiga jalan kaki ke tempat selanjutnya yaitu zangrandi ice cream, jalannya tidak begitu jauh kok.. Sambil melihat pemandangan kota surabaya yang asri tidak ada sampah dijalanan the best deh!! Sampe malem-malem juga jalanan ada yang nyapuin coba idihhhh kereenn!!

Zangrandi Ice Cream ini tempatnya classic gitu, cocok banget buat nongkrong-nongkrong sama temen-temen dan harganya juga enggak begitu mahal kok dan gue pun memilih menu "Blue Ocean" tempatnya di gelas gitu digambar enggak terlalu besar, eh dateng-dateng gelasnya gede bener -___-
Nyeeemmm endeesss bangettt sumpahhhh!!!

Gelasnya gede bangett -__-

Dari Zangrandi kami pun langsung ke kos-kosan lagi siap-siap naik kereta dari surabaya gubeng ke banyuwangi, setelah siap packing ulang dan berdoa perjalanan panjang sesunguhnya pun dimulai horeyyyy banyuwangi im coming . . . . . .

Keberangkatan St.Gubeng Surabaya

Kereta kami jam 10 malam sampe banyuwangi jam 4.30 pagi karena kami sebelumnya sudah janjian pesan motor di stasiun karang asem banyuwangi jadi kami turunya distasiun karang asem bukan distasiun banyuwangi.. Charger tenaga buat besok pagi jalan-jalan ke baluran dan kota banyuwangi gue pun langsung pules zzzZzZz... Lagi-lagi gue pelor sampe enggak sadar di foto -___-

01 Juni 2015
Setelah sampe distasiun karang asem langit pun masih gelapp masih ngantuk dan setengah sadar, karena perut gue agak mules jadinya gue ke toliet dan reska menunggu tas, gue kaget pas keluar dari toilet stasiun udah sepiii banget -___-
Dan setelah gantian reska yang ke toilet tiba-tiba gue disamperin sama bapak-bapak pake helm dia tanya "maaf mba, mba tamunya mas helmi bukan" hah mas helmi gue emang pesen motor tapi salahnya gue gak gue tanya siapa orang yang gue pesenin -___-
akhirnya gue nunjukin salah satu kontaknya namanya pak toong eh kata dia "bener, saya pak toong" oalahhh syukurr deh, akhirnya gue minta waktu untuk kita sholat dulu didalam stasiun setelah selesai sholat kami pun keluar stasiun karang asem, lumayan dingin rek disini.. mungkin karena efek pagi-pagi juga disini.. Dan kami pun langsung di jemput dengan pak toong ke rumah penitipan motor.. Setelah ngobrol-ngobrol lama mengenai jalur yang akan kami lewati ke Taman Nasional Baluran dan kamipun memutuskan tidak membawa keril kami berdua kesana, jadi kami membawa makanan dan barang-barang penting saja. dan menitipkan keril kami ditempat parkiran dan tidak lupa KTP dan uang jaminan 300rb ke pak toong.. Awalnya kami memesan motor beat, tapi karena motor beatnya dipake temannya pak toong jadi kami membawa motor scoopy merah barunya pak toong.. Gilee motornya masih kinclong banget udah disewain leh uga, wkwkwkwk

Stasiun Karang Asem

Jam 6 kami langsung berangkat ke TN Baluran, karena masih pagi jadi kami sarapan dulu sebelum ke TN Baluran setelah kami jalan menuju baluran kami menemukan sebuah angkringan kecil dipinggir gang komplek, oke kita sarapan disini!

Pemandangan nan Sejuk di Banyuwangi

Menunya pun beragam ada nasi putih telor, nasi putih daging, nasi putuh ayam, nasi kuning telor, nasi kuning ayam, nasi kuning daging... Dan gue pilih nasi kuning tempe, lah wkwkwkwk

Nasi Kuning Tempe
Angkringan pinggir gang

Lucunya kita lagi makan enak-enak tiba-tiba ada emba-emba yang lagi makan sambil manggut-manggut nyanyi-nyanyi disamping gue, lah itu emba-emba kocak amat ya makan sambil nyanyi pake headset.. Dan gue pun makan sambil nahan ketawa sama reska, wkwkwkwkwkwkw
Setelah makan selesai kami lanjut lagi jalan ke TN Baluran, karena kita gak tau jalan jadinya dijalan kita tanya-tanya orang terus, pokoknya patokannya itu adalah arah ketapang kalo udah nemu arah ketapang tinggal ikutin jalan aja ke arah surabaya plangnya cukup jelas walaupun gue kadang suka gak yakin sama jalannya ini bener atau enggak, karena kita jalan cuacanya cerah banget jadi enggak lupa kita foto-foto terus dijalan, hee

Ikutin jalanan banyak banget pemandangan indah.. Banyuwangi the best lah!! Sampe kita melewati Terminal Bus Ketapang..

Terminal Bus Ketapang
Ikutin jalan lurussss terus, aspalnya bagus aluss jadi ngebut-ngebutan asik banget udah gitu pake motor baru juga lagi, wkwkwkkw
Gue kaget pas jalan tiba-tiba ada batu ditengah jalanan, dan gue baru inget sesuatu kalau itu tempat wisata 'watu dodol' aaaahhhh gilaaa gue liat juga, enggak nyangka gue fikir perjalanan kita enggak lewat sini.. cuma foto-foto dari motor karena kita masih mengejar waktu ke baluran agar ke gunung ijen tidak kesorean..

Batu Watu Dodol

Lama-lama bosen juga dijalan lumayan jauh juga perjalanan kita berdua dimotor "ocen uga" hahahaha
Untungnya pemandangan sanggat luar biasa indahnya mirip-mirip lombok barat ke arah senggigi gitu deh, hehehe

Sudah berkali-kali kami berdua tanya orang mengenai jalan ke arah baluran, ocen uga.. Dan akhirnya di tikungan ada plang kecil bertuliskan "Taman Nasional Baluran" oalahhh ini tohh yang kita cari-cari hampir kami berdua frustasi dijalan karena enggak sampe-sampe, wakakakak

Pintu Masuk TN Baluran
Plang kecil ditikungan jalan raya
Informasi dan Registrasi TN Baluran
Daftar Harga Penyewaan Homestay
Harga Homestay
Tiket Kami *.*

Di tempat registrasi kami sudah dibilangin sama bapak-bapak petugasnya "kalau nanti dijalan banyak monyet berkeliaran bawa aja tongkat, dia suka takut sama tongkat. Soalnya kemarin ada cewek jalan pake motor dia balik lagi karena takut monyetnya banyak. Sama satu lagi jangan naroh tas dimotor apalagi ada makanannya" gue dan reska langsung parno sebanyak dan seliar apa monyetnya sampe segitunya yaampun.. Akhirnya kami berdua menitipkan helm motor dibagian informasi, dan gue langsung mengeluarkan senjata gue criiinnnggg yaitu 'tripod kamera slr' gue siap-siap panjangin tripod jadi kalau misalnya ada monyet menyerang gue langsung usir-usir pake tongkat tripod gue. wahahahaaha
Biaya tiket masuk sebesar 10.000/org dan 5.000/motor
oke lest go bismillah!!
Baru jalan kurang lebih 100 meter huaaaa dijembatan kecil bergerumul banyak monyet! aahhh sialll!! reska yang membawa motor jadi takut gue yang dibelakang makin takut -____-
akhirnya gue mencoba stay cool sembari menodong-nodong tongkat tripod gue yang lumayan panjang ke depan motor samping dan belakang jaga-jaga kalau ada monyet yang tiba-tiba menerkam kaki gue oohh tidakkk! *oke itu hanya khayalan gak penting gue
Dan reskapun ngebut kayak bawa motor dijakarta walaupun jalanannya jelek karena sudah memasuki kawasan hutan.. Bodo amat lanjut ressssss!!!!
Alhamdulillah monyet pertama byee!
Perjalanan kami dari tempat registrasi ke savana itu kurang lebih 16km, enggak kebayang deh jauhnya kayak apa!
Dijalan kami melihat 2 orang cewek dan cowok jalan kaki kesavana gileee kan jauh keren banget deh, semoga cepet sampe yak mba mas!!
Semenjak dijalan banyak hewan yang tiba-tiba melitas didepan motor kami berdua --whuzzz-- apa itu burung kah?? sapi kah?? banteng kah?? ato monyet kah?? Dan dimotor semakin parno secara kami jalan persis di tengah-tengah hutan belantara dan enggak ada orang siapa-siapa tolonggg!!!
Eeehh ternyata ini toh pelakunya yang dari tadi lewat dijalan cepet banget!

Ayam Hutan >.<

Horeeeeee akhirnya gue bisa melihat ayam hutan dihabitatnya... Ayamnya takutan cepet banget menghilang untung gue cepet ambil fotonya wekekekek
Disini juga kami melewati kawasan "Evergreen (Hutan Hijau Sepanjang Tahun)" Sumpah sejukkkkkk banget, bener-bener adem melewati disini!

Evergreen

Akhirnya kurang lebih sejam sampe juga di savana bengkol!
Disini gue cuma ketemu 1 mobil, gue fikir rame ternyata sepiii rekkk.. Terus kita cari spot yang adem, karena disini puanaasss banget cuacanya. Tapi dijalur bertemu lagi dengan sekumpulan monyet yaellahh monyet lagi oohh tidaakkk!!! langsung gue mulai memanjangkan tripod kembali, dan sepertinya disini kok makin buanyak ya -__- untungnya ada mas-mas bawa motor sendirian akhirnya gue ikut dia nyusul dibelakang motornya selamet deh, fiuhh
Langsung gue cari spot foto-foto disavana, reska masih takut sama monyet emang banyak monyet disini cuman gue masih memberanikan diri untuk foto mereka lebih dekat..

Kumpulan monyet-monyet

Lagi asik foto-foto monyet tiba-tiba monyet lari-larian gue pun panik.. Oalah ternyata lagi musim kawin rek monyetnya seenak enaknya melakukan perbuatan senonoh didepan gue x( wkwkwkwkwk

Tiba-tiba reska teriak, gue fikir dia diserang monyet ternyata motor kita diserang monyet, waduhh kan kita naroh makanan dibagasi motor, untungnya selamet makanan dan motor kita tapi botol minum yang kami taroh di tempat motor depan diambil :((
Udah gitu pinter banget lagi buka tutup botolnya langsung ditenggak minum yaampuunnn monyet disini disekolahin kali ya -___-

Monyetnya ambil botol minum gue -__-

Itu botol minum airnya masih banyak baru diminum sedikit tapi udah diminum monyet, huuu sial! Mana disini enggak ada warung lagi untungnya masih ada 1 botol pocari sweat kalo ini diambil lagi hilang sudah nyawa kami yang ada gue makan tu monyet, wkwkwkwwk
Pas gue mau ambil motor eh ada monyet lari nyamperin gue, gue yang langsung nodongin tripod gue ke monyet itu malah mau nyerang gue aahh sialll!!! gue jadi kaburr kearah reska sambil teriak "aaaaaa monyet gilaaaa mau nyerang gue" sambil lari terbirit-birit, padahal tadinya gue udah stay cool tuh, wekekekek
Kamipun meminta bantuan mas-mas untuk nemenin kami pindahin motor, untung mas-masnya baik mau nemenin. Setelah pindahin motor kami jalan kaki eksplor savana bareng mas-masnya.. Eh dijalan gue liat monyet lagi ongkang ongkang kaki sambil garuk-garuk barangnya
-______- sueeeemmpppaakkk!!!

Emang kelakuan monyet -__-

Disini monyetnya makin banyak, tripod gue udah siap siaga.. Mas-masnya namanya mas Saiful dia S2 dari ITB dia kesini mau penelitian savana di baluran. edan!! Dia guru IPA untuk SMP dan SMA.. kerenn dehh!! Jadi kita ditemenin sama mas-masnya deh alhamdulliah ketemu orang baik lagi..
Gue dikasih tau kalau ada 2 banteng lagi mandi lumpur dibawah pohon, gue pun dianterin sama mas saiful ketempatnya.. Ahh bener banteng ada dua booo!! Baru kali ini seumur hidup gue ketemu banteng dialam liarnya huaaaaa banteengggg!!

Banteng di Savana Baluran

Selagi mas saiful penelitian vegetasi savana akhirnya gue sama reska pun foto-foto dibaluran, wahhhh enggak nyangka deh asikkk! Untung enggak ada monyet disini, wahahahaha

i feel free ulala >,<

Seneng banget rasanya seperti bebas, sepanjang mata memandang hanya ada savana dan gunung enggak ada gedung-gedung, kendaraan, kemacetan.. Beautiful Baluran!
Selagi jalan eh ada segerombolan rusa, kata mas saiful sih mereka kalau jam segini jamnya minum, bener kata dia mereka pergi ke sumber air. Pas gue samperin mereka agak takut sih, yaudah deh dari pada gue menggangu mereka minum gue foto dari jauh aja itu udah membuat gue seneng banget! aakkkk russaaaa . . . .

Puas foto foto disavana kami lanjut ketempat motor kepantai bama! oke lest go..

Jalanannya berkerikil jadi harus hati-hati, semoga enggak ada monyet dipantainya aminnn! Perjalanan kurang lebih 5 menit sampe di pantai bama... Wahhh panteeee, gue udah lama enggak ke pantai ada kali kurang lebih setengah tahun.. 5 menit pertama kami bertiga menikmati pantai, buka ciki dan huaaaa monyetnya dateng lagi!! kayaknya emang gak boleh bawa makanan kesini deh..
Note : kenyangkan perut kalian sebelum ke TN baluran karena banyak monyet yang merebut makanan, hahaha

Pantai Bama TN Baluran

Mangrove TN Baluran

Sebenarnya di mangrove ini bisa jalan-jalan tetapi gue juga gak tau pas disana, jadinya cuma gini aja.. gue menyesal enggak jalan-jalan di mangrovenya. Oke berarti ada banyuwangi part 2 nih sepertinya.. hahaha
Saatnya pulang kali ini gue yang bawa motor.. Dan damn bensin motor habissss, oh may godd, semoga cukup deh sampe nemu pom bensin :(
Sepanjang dihutan Evergreen banyak banget kupu-kupu terbang kesana kemari.. Jadi gue bawa motor sambil nabrak nabrak kupu kupunya aaahhh berasa kayak didongeng-dongeng tapi ini beneran loh!
Tau tau dijalan gue ketemu 2 orang yang ketemu di pintu masuk jalan kaki itu loh, wahh parah gue udah puas seneng-seneng mereka aja belum sampe.. Mending ngojek aja deh dari pada jalan kaki kasian kakinya :(
Tapi pas perjalanan pulang amann enggak ada monyet disepanjang jalur, yang gue khawatirkan skrg adalah bensinn!
Setelah sampe di pos registrasi kami berdua berpisah dengan mas saiful. Oke bye mas, makasih sudah nemenin kami berdua!!
Skrg gimana caranya nemu pom bensin dijalanan.. Untung kurang lebih 500 meter ada pom bensin wahh syukur deh, waktu sudah menunjukan adzan dzuhur, sekalian isi bensin sekalian sholat dimusholla.. Sejauh apapun perjalanan kita jangan sampe pernah tinggalin sholat karena sholat itu merupakan kewajiban bagi umat muslim, tsahh. . . . .
Lalu kami melanjutkan perjalanan pulang ke tempat parkiran motor di stasiun karang asem, tapi gak lupa kami makan dulu karena perut yang lapar setelah main-main dibaluran..
Gue pun menujuk warung bakso dipinggir jalan, kayaknya enak mari kita cobaa..

Makan Bakso, Lontong, dan Tahu Petis Beuhhh *.*

Setelah kenyang kami lanjut jalan karena berangkat kami melewati watu dodol pulang juga melewati sini tak lupa kami berhenti disini untuk menikmati pemandangan dan sepoi-sepoi anginn..

Pemandagan dari Tower Watu Dodol

Puas foto-foto di watu dodol gue melihat ada banyak orang kasih kayak bunga-bunga gitu kayak dibali dibawah batunya, wahh mistis uga -__-
Setelah sampai dikarang asem eh ada 'Sop Pak Min' asikkkk akhirnya gue makan lagi -___-
Bisa-bisa pulang-pulang gemuk nih -__-
Belanja bekal buat di Gunung Ijen, setelah siap akhirnya motor pun ditukar kembali kami pake motor beat hitam.. Oke lets goo.. Ijennnn im comming

Perjalanan dari karang asem ke kawasan ijen enggak begitu jauh kurang lebih sejam karena perjalanan yang menanjakkkk terus meneruss, sampe sampe motor gue enggak kuat dan alhasil reska pun turun jalan kaki membawa keril yang berat banget *pukpuk
Sebenernya asik nih jalanan sepi sunyi banyak kabut waaaawwww amazingg, tapi gue heran sama reska dia sampe ketakutan pegangin gue kenceng banget lagi wkwkwkwk, asik begini res -___- leh uga u.. wkwkwkwk
Sampe pada akhirnya banyak tanjakan enggak kuat, dan untungnya ada bapak-bapak naik motor sendiri gue setopin dan gue minta tolong untuk ngangkut reska.. wwkwkwk
jadi gue bawa motor dengan 2 keril di depan, bussehhh fiuhh..
Gue sempet terfikirkan perlombaan 'tour de ijen' yang kemarin lomba naik sepeda dijalur ini kayak apa kali ya fisiknya keren pastinya!
Sampe juga diparkiran dan gue langsung ngangkut 2 keril langsung gue bawa ke lapangan wahhh asikkk ngecampp!
Lapangannya sepii banget, cuma ada 2 tenda -__-
Seperti biasa gue cari tempat dekat pohon biar tidak terlalu kena hembusan angin kalau malam hari..
Oke masak-masak dan istirahat, dan tragedi kuping dimulai ---
Gue gak mengerti kenapa tiba-tiba seperti suara lalat/nyamuk/apalah pokoknya hewan terbang gitu.. Gue fikir di jilbab gue nyangkut, pas gue cek kok enggak ada apa-apa tetapi masih ada suara terbang-terbang gitu.. aaahhh jangan-jangan dia masuk ke kuping gue oohh tiddaakkk!! dan ternyata bener, gue sempet binggung kenapa bisa terjadi kan gue pake jilbab kok bisa ada serangga terbang masuk ke kuping gue -__- dan gue pun inget kejadian tadi siang kan gue sempet tidur-tiduran di savana baluran ahh sial!! Petekelan (banyak tingkah) banget ya gue -___-
Akhirnya kuping gue di bersihin sama reska, karena enggak bawa cuttonbud jadi pake viktorinok (pisau lipat) yang buat obeng -___- abis daripada terbang-terbang mulu kan gue risihhh
Aahhh masih berasa terbang-terbang akhirnya gue bawa tidur aja lah, semoga serangganya keluar pas gue lagi tidur pules..
Oke jam 1 kita bangun dan siap-siap untuk jalan ke puncak gunung ijen..
Jam setengah 2 kami berdua jalan, dingiinnn bangett.. Setelah antri beli tiket seharga 7500/org dan parkir motor 5000/motor kami pun jalan.
Oke lest go! Bismillah!!

02 Juni 2015
Baru 50 meter reska sudah enggap, hayolohh ketauan enggak latihan fisik wekekekek..
Akhirnya kami berdua selauuu banget, sampe ada bapak-bapak penambang bareng sama kami berdua nama bapaknya 'pak wayan' dia penambang di gunung ijen ini.. Katanya penambang belerang disini dibayar perkilonya 1000 rupiah/kg... Sungguh enggak kebayang mereka biasa bawa minimal 80kg sekali jalan, yaampunn sedih banget rasanya gue terharu sama pak wayan ini.. Tapi hebatnya walaupun ambil belerang di bawah asap penambang disini enggak pernah terkena penyakit apapun dan setiap bulannya ada dokter gratis kesini, hebattt Subhanallah :)
Untungnya ada orang baik seperti bapak wayan ini, dia menolong reska, sampe pada akhirnya gue kehilangan reska karena ramai dan gue enggak melihat dia istirahat gue jalan terusss loh kok reska enggak ada ya akhirnya 5 menit gue nungguin dia enggak nongol nongol gue pun jalan terus sambil teriak-teriak nama RESKAAAA!!!! dan tidak ada jawaban sama sekali oke diah enggak usah panik! 10 menit gue tungguin kalo dalam waktu 30 menit enggak ada gue baru lapor kebawah.. alhamdulillah kurang dari 10 menit dia nongol juga sama pak wayan. ternyata tadi dia istirahat, haaffttt enggak lagi-lagi deh kehilangan digunung ampunnn -____-

Pemandangannya luar biasa!

Jam 3 kami sampe di puncak gunung ijen, karena asap belerang naik jadi cuaca tidak begitu cerah. Lalu kami diajak sama pak wayan melihat blue fire, pak wayan sudah menegaskan kalau sudah terang blue fire tidak akan kelihatan.. Oke Semangatt!!!

Bapanya keren masyaallah :)

Perjalanan dari pintu penambang sampe blue fire kurang lebih setengah jam, jalanannya terjal banget malem-malem pula jadi harus lebih ekstra hati-hati..
Blue fire sudah terlihat dari kejauhan, wahhh rasanya pengen cepet-cepet sampe tapi apa daya jalanan turunan dan gue paling males jalan turunan -__-
Sampe di blue fire gue pun langsung peluk-pelukan sama reskaa, akhirnya blue fire donee!!
Kita berdua kerennnn woohhooooo

Diah dan Blue Fire :)
Reska dan Blue Fire :)
Berpelukan Liat Blue Fire
Reska dan Pak Wayan

Dari sini kami lanjut ke danau, wahhh asikkk ternyata tidak begitu jauh kok jalannya jadi kita santai aja..

Lalu pak wayan, ngasih kita oleh-oleh dari ijen yaitu belerang yang dibuat langsung oleh pak wayan sendiri ohhh soo sweat >,<

Belerang 1kg = Rp.1000 :(

Jadi aliran belerang yang masih panas sama pak wayan diambil, sama botol bekas lalu dibuat pake tangan, sebenernya air belerang itu puanaass banget pak wayan aja sampe kepanasan. Jadi belerang itu bekunya sama air dan cairnya sama api.. Oalahh, pantes setelah dimasukan air belerangnya jadi beku jadi bisa dibuat kayak candi-candi gitu deh, sungguh orang-orang kreatif!
Ada juga yang bentuk donal bebek, micky mouse itu mereka pakai cetakan ager-ager gitu loh, tapi jangan dimakan yak! wkwkwkwkk

Cara Membuat Kreasi dari Belerang
Ini dia hasilnya bagus kan :)

My Deuter so cute >,<

Disini kita lama banget hampir sejam biasalah menikmati pemandangan dan foto-foto dulu, wekekek
Sudah dibilangin sama pak wayan "naiknya jangan sampe jam 7 ya nanti asap belerangnya ke arah pendakian" tapi apa daya kita jalannya lama dan kelamaan foto-foto dibawah jadinya pas naik keatas asap belerang sudah naik dan hueeekkk bauuu banget bikin sesaknya itu loh yang sakitt -__-

Ciyee reska >,<
Ingat ini sebelum turun!

Untuk yang bukan penambang sebenarnya berbahaya, tetapi kalau mau masuk lihat blue fire pasti enggak bakal dibolehin sama penjaga dipintu depan ini.. Dan untungnya gue sama pak wayan penambang disini jadi alhamdulillah syukur kebantu bisa melihat blue fire.
Sayangnya kami kesini kemarin asapnya terlalu tebal jadi mengenai jalur pendakian, harusnya bisa terlihat pemandangan danau dari atas sini.

Setelah jalan turun, ternyata cuaca cerah banget udah gitu banyak awan serasa negri diatas awan digunung ijen, wahhh

Pelukan lagi >,<

Sovenir dari Gunung Ijen

Pintu Masuk Gn Ijen

Setelah kita berpamitan dan ngasih tips ke pak wayan gak lupa gue minta kontaknya dia siapa tau gue buat usaha travel ke ijen ameeennn :)
Langsung kami berdua bersih-bersih tenda, makan dan packinggg....
Oke serangga di kuping gue udah gak terbang-terbang lagi mungkin udah keluar saat gue tidur ato mungkin mati entahlah -_-

Setelah semuanya ready mari kita berangkat ke RED ISLAND. . . . . . . SIK ASHEEKKK
Kali ini gue yang membawa motor ke Red Island mumpung badan gue masih fit jadi digeber teruss, soalnya gue kalo udah mager pasti akan males ngapa ngapain -___-
Dijalur pulang dari Ijen perjalanan 90% turunan karena motor kita kurang fit jadi pas turunan rem motor kita ngeblong -__- sampe rem depannya udah enggak bisa direm lagi, alahsil setiap turunan kaki gue dan reska turun buat nahan supaya enggak nyusruk.. Rem belakang sampe gue polin sangking takut nyusruknya. Pembelajaran selanjutnya kalau sewa motor harus pilih-pilih motor yang fit untuk diajak perjalanan jauh -__-

Kamipun enggak sempet foto-foto lagi perjalanan ke Red Island karena males jepret-jepret karena ngatuk -__-
Nasib yang bawa motor enggak boleh ngantuk, tapi reska dibelakang enak-enakan tidur huaaaaaa
Sampe-sampe udah beberapa kali gue pengen nabrak bus, truck, dan mobil sangking udah enggak konsen bawa motor karena juaaaauuuhhhh bangett!
Tapi semenjak masuk ke daerah perdesaan gue udah mulai fit karena perjalanan kami ditengah-tengah antara kali dan sawah wawww!!
Sampe akhirnya perut gue berlabuh ke suatu tempat makan, alhamdulillah laparrrrrr
Sangking ngantuknya gue pun tidur terlelap di kursi makan, sampe enggak sadar makanan udah dateng.. wkwkwkwk
Perjalanan dari ijen ke red island kurang lebih 3 jam mungkin karena efek nyasar-nyasar jadi segitu.hihihi
Oke Red Island i'm comming...
Enggak lama dari sini setengah jam kami sampe di Red Island, tiket masuk Red Island cukup murah hanya 5.000/org dan enggak ada tiket untuk tarif motor harusnya sih ada gue liat di tulisan tempat tiket motor itu 2.000 tapi mungkin bapaknya mengerti kami backpackeran bawa keril, waakakakaka

Cari parkiran motor sampe kepeleset di pasir, sangking udah enggak sabar pengen maen-maen di panteee...
Subhanallah RED ISLAND IT'S AMAZING!!!!!
Gue langsung terpana melihat pantainya bersih banget kerennnnnn
Gak pake lama langsung gelar matras dan taroh keril langsung deh main air horreeeeeeeee....

Lagi asyik foto-foto kami berdua disamperin para anak muda yang meminta foto dikamera kami -_- ternyata ada alai juga disini wekekekek...

Si reska pun berteriak "mbaaaa pakek kacamatanya dong biar kece!" oke gue akan mengeluarkan obat cantik gue cccrriinnnggg 'kaca mata hitam' guepun foto bergaya dengan kacamata kece gue, sangking senangnya gue foto loncat-loncat sampe enggak sadar kalau kacamata gue jatoh dari kepala gue.. Pas sadar gue pun cari dari lokasi gue main-main di pantai.. Yaa namanya juga pantai ada ombaknya mungkin terseret ombak atau keurug pasir pantai dan kacamata gue pun hilang. hhhuuaaaaa kacamata gueee hilang! hhuhuhu
Sedih banget rasanya hiks :(

Kacamata ku hilang diPulau Merah, hiks

Saatnya menikmati pemandangan pantai merah, gue dan reska pun santai-santai dipinggir pantai uyeeee..
Menatap matahari yang tenggelam perlahan meskipun agak mendung, mendengarkan suara deburan ombak, suara angin yang berhembus di telinga gue.. Nikmatnya syukur ini, membuat hidup gue berasa lebih sempurna.. asheekk

Setelah puas menikmati senja di pulau merah kami berdua pun harus mengakhiri perjalanan ini dengan sangat terpaksa, sebenarnya kami betah disini cuman mau gimana lagi apapun yang terjadi kami harus balik lagi ke rumah..
Setelah kami selesai packing dan melihat ke arah langit ternyata bulannya gedeee banget dan ternyata lagi 'full moon' horeeee...

Lagi - lagi gue yang bawa motor kali ini sambil menikmati bulan dijalanan, teraanggg sekali!
Sampai pada akhirnya jalan pulangpun kami berdua nyasar lagi, kembali tanya-tanya warga sekaligus isi bensin sampe pada saatnya gue pun sudah tidak kuat bawa motor karena ngantuk -__-
Tapi karena dipaksa, akhirnya gue pun hampir menabrak motor didepan untungnya dengan cepat gue langsung bating setir dan motor kami pun malah nyusruk ke tanah kosong beruntung tidak jatuh.. haduhhh melek melek melek
Sampe pada akhirnya mata gue udah enggak kuat lagi dan motor pun dibawa oleh reska, karena kami belum makan malam perut kami pun berlabuh ke warung sate kambing.. Setelah makanpun gue makin mengantuk, reska yang menginginkan cari tempat penginapan karena lelah, dan setelah sampai dipenitipan motor kami pun cari penginapan didekat stasiun karang asem.. Penginapaanya cukup mahal karena uang kami terbatas, untung pemiliknya berbaik hati menawarkan kamar yang cukup sederhana dengan kamar mandi diluar harganya 85rb, lumayan untuk melepas lelah karena belum tidur karena besok pagi kami harus melanjutkan perjalanan pulang ke malang jam 5 pagi.

03 Juni 2015
Jam 4 pagi pun kami bangun dan siap-siap naik kereta pagi ke malang, kami ke malang hanya transit 2 jam kereta. Bismillah semoga perjalanan dikereta baik-baik saja..
Karena kami sebelumnya belum sarapan jadi kamipun memutuskan beli menu nasi goreng dikereta untuk sarapan pagi.
Lumayan mahal satu porsinya 18rb, tapi cukup mengenyangkan..

Nasi goreng dikereta 1 porsi = 18rb

Setelah kenyang gue pun mengambil posisi uenak untuk tidur lelap, karena kami sangat kurang tidur dari kemarin.
Sebelum tidur gue melihat pemandangan Gunung Raung dari kereta, menajkubkan! Insyaallah kalau bisa gue akan kesana aminn :)

pemandangan gunung raung dari kereta

Setelah gue puas tidur gue pergokin reska yang lagi tidur pules, sangat sangat pules.. waakkakakaka

Bangun, tidur, makan! bangun, tidur, makan akhirnya sampe juga jam 2 siang.. Oke malang see u again :)
Keluar dari stasiun malang kami berdua langsung cari bakso malang horeeee

stasiun malang
bakso malang rek

Setelah kenyang makan bakso malang kami berdua menitipkan keril kami diwarung dekat bakso malang, kami jalan-jalan yang dekat stasiun malang aja.. Tapi karena gue penasaran dengan 'toko oen' tokonya es krim asli malang jadi gue mencoba cari tau kesana.

Toko Ice Cream Oen

Dari sini kami kembali ke stasiun dengan menaiki becak, setelah sampe di stasiun dan cek-in kami menunggu kereta yang lumayan lama dan akhirnya gue mencoba ngobrol dengan emba-emba yang habis turun dari semeru.. Katanya dia baru pertama kali naik gunung dan langsung sampe puncak keren!
Setelah kereta datang ada yang unik dari masinis nya, dia memimpin doa untuk semua penumpang lewat speaker kereta sungguh luas biasa pak masinis ini topp!
Tapi yang bikin ngenes ketika masinis itu menginformasikan "perjalanan kami ditempuh dengan jarak 905km" ehbusehhhh jauh banget kesannya yaelaaahh jadi baper -__-
Cari posisi tidur enak untuk menghabiskan waktu perjalanan 905km, gue dan reksa pun pingsan tak sadarkan diri karena lelah..

04 Juni 2015
Jam 10tepat kami tiba dipasar senen, karena hari ini gue udah tidak cuti jadi siang harus masuk kantor.
Perjalanan yang sangat luar biasa oke Banyuwangi part 2 akan menyusul insyaallah :)
Terima kasih reska, Banyuwangi part 2 menunggu :)

LAPORAN PENGELUARAN TRIP

Becak = 10.000/2 = 5.000
Kereta Matarmaja Malang - Pasar Senen = 115.000

TOTAL PENGELUARAN DIAH = 974.500

1. Mba boleh minta kontak sewa motornya??

1. https://banyuwangiadventura.wordpress.com/2014/09/10/sewa-motor-banyuwangi/

Hapus
    2. Boleh share pengalaman nya mba via email ? Ini email saya ogiyulian14@gmail.com

2. Boleh minta kontak mbak diah? Aku mau nanya2, soalnya akhir tahun mau ke banyuwangi. Thx u

1. minta alamat emailmu
      nanti ku kirim email kontakku ya

2. Nih mbak emailku riskiindrianto@gmail.com

3. mbak, share pengalamanmu juga ke aku ya septisuryawati@gmail.com

4. Mb saya juga Mau kontak Mb donk rieemu@gmail.com
      Thx :)

5. Mba bagi kontaknya dong email aku ya mbak adisifasupriatna@gmail.com
      Makasih mbak

3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

4. Selama dibanyuwangi, mbak diah tidak nyewa penginapan?

Balasan
    1. Cuma malam terakhir di dekat stasiun karang asem..
      Dan buka tenda di ijen

Hapus
  5. Mba, boleh minta kontak nya? Saya akhir tahun mau kesana, jadi sekedar mau nanya2 aja. Ini email saya @andisetyawanemail@gmail.com nuhun :)

6. mba mau tanya cariel sama tendanya ngga di tinggal aja di bawah pas naik ke ijen nya?

7. mba mau tanya cariel sama tendanya ngga di tinggal aja di bawah pas naik ke ijen nya?

Balasan
    1. hai salam kenal, tenda saya tinggal di lapangan dan saya ke atas ijen membawa keril yang isinya makanan saja :)

Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

9. Haloo kak, sya ad rencana solotrip ksna nih, waktu yng pas berangkat ke ijen dri stasiun jam brpa ya kak? Itu bawa motor bsa sampai ke pos perijinan? Thanks

Balasan
    1. Maaf baru balas, waktu yang pas sebenarnya fleksible yang penting kalo saran saya sih dari stasiun sore hari sudah jalan ke ijen. Soalnya kondisi jalanan yg sepi,gelap dan nanjak curam. Apalagi kalo sendiri cukup bahaya apabila motor gak kuat nanjak dan mogok *amitamit :D
      Jadi bermalam ngecamp dulu baru jam 1an nanjak ke atas ijen..
      Parkiran motor itu dekat pos perijinan kok..

10. Balasan
    1. 75rb/hari
      Dengan jaminan KTP dan uang 300ribu

Hapus
  11. mbak boleh minta rincian harga nya, dari surabaya ke ijen dan banyuwangi ?
    wahidosd@gmail.com email saya mbak.. Terimakasih..

1. sudah saya update blognya
      makasih udah baca ;)

Hapus
  12. Mbak nyewa motornya berapa per hari?

13. Mbak boleh minta kontak penyewaan motor?terimakasih,email ku lila.dinawulansari@gmail.com

1. 75rb/hari
      Dengan jaminan KTP dan uang 300ribu

087852643796 dan 08233258004

Hapus
  14. Penginapan disekitar st.karangasem banyak ga mbak ?

15. Di depan stasiun ada warung tanya aja disitu ada penginapan.
    Dulu saya pake penginapan yg sewa motor persis depan stasiun juga dekat loket kendaraan kalo mau sewa motor disitu sekalian tanya aja penginapannya..

16. artikelnya keren mba... oh iya, boleh minta kontaknya? ada beberapa hal yang pengin sya tanyakan. email saya di zhulisatelitpost@gmail.com. nuwun, :)

Hapus
  17. mba .. boleh minta info sewa motor nya nya gak mba.. noleh kirim ke siscasihombing91@gmail.com.. terima kasih sebelumnya

Hapus
  18. mbk mau nanya, sy kan dr solo naik KA sritanjung ke bwi, nah sampe sana kan 9mlm, enaknya langsung sewa motor ke kawah ijen atau nginep dlu ya?

Balasan
    1. Mas kapan ke banyuwangi...?
      Saya dari wonogiri...
      Boleh gabung kah kalo mau kesana

2. sori baru balas.
      enaknya langsung aja ke ijen, semakin malam semakin rame orang dateng kan pendakian sekitar jam 1 atau 2 pagi.

19. Keren Mba.. Boleh Minta No. Kontaknya Buat Tanya2 Mba? teguhbetel.three@gmail.com

Hapus
  20. Mba boleh minta kontak nya kah?
    Mau tanya-tanya nih...
    Mau backpaker ke banyuwangi juga soalnya...
    dhieaana@gmail.com

Hapus
  21. ka minta cp kaka dong....
    mau backpack juga nih.
    putry.nurlita@gmail.com

makasih ka

22. aku minta kontaknya yaa.. ada beberapa hal yg mau ditanyain makasih =>> riska.argiendini@yahoo.com

Hapus
  23. Assalamualaikum mnbak diah, boleh minta kontaknya mbak? saya tgl 23 des 2015 mau ke bwi dan mau tanya sedikit ttg disana. ini email saya amrinadhif@gmail.com terimakasih banyak mbak sebelumnya:-) PS: bagus mbak pengalamanya

Hapus
  24. Mbak boleh minta kontaknya. Awal tahun saya rencananya mau kesana juga. Edho.kode12@gmail.com

Hapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

26. Assalamualaikum kak.
    mau tanya pas di ijen, pak wayan mau gak jadi guide kak? soalnya kita ke ijen nya cuma berdua nanti. makasih

Balasan
    1. Bro, mau ke ijen kapan? Saya juga mau ke sana, dari Jakarta, sendiri. Kisaran 27-31 Januari 2016.

Btw, Mba Diah, boleh minta kontaknya kah? Ada beberapa hal yang mau saya tanyakan.

email saya : readyzack@gmail.com

Terima kasih.

2. walaikumsalam..
      disana banyak guide kok. tapi kalau memang mau pak wayan saya ada kontaknya 085854945173 mungkin pak wayan bisa membantu ^_^

27. Mba, klo aku ga pake motor bisa sewa mobil jg kan yah disana untuk perjalanan tour keliling banyuwangi?

28. hallo Mba Diah, salam kenal..

senang bisa baca ini, posting nya sangat membantu.
    ada beberapa yang ingin saya tanyakan :

1. Dari karang asem ke Tn Baluran berapa jam perjalanan ya? Apakah petunjuk jalannya mudah untuk diketahui?

2. Saat sampai di Ijen, mba Diah kan camp. kalau kita mau nginep di penginapan, apakah ada penginapan disekitar sana?

3. Tenda yang mba Diah gunakan untuk camp, apakah bawa dari Jakarta atau ada yang menyewakan disana?

Terimakasih Mba..

Balasan
    1. 1. kurleb 2jam plus nyasar2 cari jalan mengandalkan gps dan tanya2 penduduk sekitar, hehe
      2. tidak ada penginapan disana, cuma warung2 kopi aja.
      3. saya bawa dari jakarta, tapi waktu saya disana ada pensewaan tenda kok. tapi lebih pastinya kalau ada tenda lebih baik bawa saja.

Hapus
  29. ada kah yang mau bareng ke bayuwang.?
    aku nyampe banyuwangi tgl 4 Februari...
    saya berangkat dari solo.. ^_^

Balasan
    1. Saya mau ke banyuwangi juga februari nanti, tanggal 6 sore saya samlai di banyuwangi. Mau ke Baluran aja sih rencananya ;)

Hapus
    2. wah berarti cuma sehari aja di banyuwangi?
      bisa lah barengan ke balurannya biar asyik...hehehe

30. saya jg ada rencana k banyuwangi tgl 7... see you there :)

31. saya jg ada rencana k banyuwangi tgl 7... see you there :)

32. Salam kenal mba diah :)
    Saya ada Rencana ke baluran tgl8 maret 2016,oh ia mba sblmnya nnti saya Dr Bali tgl 8maret pagi langsung ke banyuwangi.kira2 enakan naim bis atau naik kapal y?Terimakasih

33. Mba diah saya boleh minta no tlp mba diah g?kirimin ke Email saya y mba,
    Windayuniasari@gmail.com Terima masih mba diah

34. Assalamualaikum
    Artikelnya bagus mba sangat membantu, kalo boleh bisa saya minta contact mba diah engga?
    Untunknugroho4@gmail.com
    Terima kasih

35. Assalamualaikum
    Untunknugroho4@gmail.com
    Terima kasih

36. Assalamu'alaikum
    Mna diah boleh minta kontaknya g?soalnya mau backpakeran ke banyuwangi nih
    Email saya benni.priyanka@gmail.com

37. ada yang mau ke banyuwangi besok tanggal 17?? saya dari jakarta bertiga

38. Mbak diah boleh nanya nanya ? Emailku leviilev99@gmail.com

39. mbak boleh minta kontaknya pengen tanya2 nih hehehe saya juga orang depok

1. bisa minta alamat email nanti ku kirim via email. thx

40. Mbaa boleh minta kontaknya, aku mau tanyaiin tentang biaya guidenya mba

41. mba boleh minta kontak nya ? ini email saya indrawansudjarwo31@gmail.com . rencana mei nanti mau kebanywangi . mau nanya2 . saya orang depok juga

42. mbak bulan april 2016 nanti saya mau backpack berdua sama temen saya
    saya mau minta kontak mbak untuk tanya rute dan kendaraan umum dan lainnya
    ini email saya apriliazulfasa@gmail.com

43. mbak bulan april 2016 nanti saya mau backpack berdua sama temen saya
    saya mau minta kontak mbak untuk tanya rute dan kendaraan umum dan lainnya
    ini email saya apriliazulfasa@gmail.com

44. mb diah, ada charge biaya kamera g di kawah ijen??
    terus, kalo g sewa guide gmna?? boleh g??

45. mba Diah, aku boleh minta kontakmu kah?
    ini emailku ya nindy_11june@yahoo.com terimakasih :)

46. Mba bisa minta kontaknya ngga? Saya ada rencana trip ke banyueangi bulan mei jadi ada yg mau saya tanya ini email saya septriana.sa@gmail.com makasih ya mba.

47. Mau kontak nya kaka boleh?
    Aku ada planning buat ke taman baluran

cicinoviyanti@gmail.com

48. Halo Diah.. Boleh mnt contact nya? Hehe. Email sy : erinmutika@gmail.com

49. Mb.. minta contact nya dong. Mau tanya2. Email ke lestarihadianti2006@gmail.com

50. Mb.. minta contact nya dong. Mau tanya2. Email ke lestarihadianti2006@gmail.com

51. mbak boleh minta kontaknya?rencana liburan lebaran mau kesana..email ke afinadiniaulia@gmail.com
    atau temen2 yg mau join monggo biar share cost :)

52. Kirim kontak dong mba . ((: terimakasih
    Robbyyahyanaibaho@gmail.com

53. Kaya nya selesai lebaran saya mau jalan sendiri. Ada yang punya space buat join ga ?
    Terumakasih😁😁

1. abis lebarannya kapan kak? pengen juga ke baluran tp akhir juli tgl 25an

Hapus
    2. Rencana saya solo trip explore banyuwangi krg lbh seminggu, brgkt tgl 23 an, bs join bs cost sharing .. gilangraditya1@gmail.com

54. Salam kenal y mbak Diah. Keren bgt perjalanannya...klo boleh minta no kontaknya y, ni email saya. nna2ng@gmail.com

55. Rahadian Prayudha27 Juli 2016 pukul 12.00

Hallo, insha allah tanggal 9 Agustus mau solo backpacker ke Kawah Ijen, Baluran, Pantai Pulau Merah, dan Pulau Menjangan. Yuk bagi yg mau join, silahkan banget, share cost bareng, apalagi utk ke Pulau Menjangan harus share cost banget, hehe.

Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Hapus
  56. selamat siang mb diah..salam kenal.boleh saya minta no kontaknya.email saya wahyu.dwig@gmail.com terima kasih

57. OPEN TRIP KAWAH IJEN DAN BALURAN

088212055740 (WA/SMS/TELPON)
    IG : ah_treveling

58. keren .. ;)
    terimakasih menginspirasi sekali kak ceritanya :)

59. Ka minta kontak nya mau share share kaaa... kirim ke email saya ka..
    Habibiasyaf@gmail.com

60. akhir tahun pengen ke bayuwangi juga
    kirim kontaknya ya :
    ginger_chan@yahoo.com
    makasih

61. ka, kalo bawa motor dari statsiun karang asem ke kawah ijen, bahaya ga sih, saya mo bareng temen naek motor, tapi temen saya takut, takut ga safety, byk jurang bla bla bla

kira2 aman ga sih, kalo misal ga nenda pas ud di pos pendakian, ada penginapan kan ya, soalnya ga punya tenda tuh

62. Hii diah salam kenal.. Lilis_vitriawati@hotmail.com
    Bsa dishare alamat email kamu..
    Rencananya bulan depan aku ke ijen.. Thx

63. assalamualaikum mbak,
    tolong info no HP pak Wayan, penambang yg baik hati itu. saya ada rencana mau ke Ijen awal April, Alhamdulillah jika bs bertemu pak Wayan dan bs mengenal beliau walau sesaat.

thanks sie Sieman.

64. kak, boleh minta kontaknya ? mau nanya2 hehe.
    makasiih.
    ini email saya : aonabilla@yahoo.co.id

65. keren kak! Minggu depan saya InsyaAllah akan kesana :)

66. Keren infonya mba, saya boleh minta cp nya ga mba bulan oktober saya rencananya kesana.. kalo bisa dapet temen jalan dari blog ini makin bagus lagi hehhe 😁 (donidonroy@gmail.com)

67. keren mbaa ,, minta share nomor telepon penyewaan motornya dong mba ,, email ke maulanaramadhan796@gmail.com .. thx yaa

68. hai mba dalam waktu dekat ini mau kesana lagi gak ?
    saya rencana awal oktober 2017 mau kesana.

Balasan
    1. Udah kesana blm ka? Ikut dong, aku rencana pgn kesana juga, tp msh blm dapet partner inih ��
      Kalo minat boleh kontak, just.gina12@gmail.com

Hapus
  69. Manteb banget teratur gitu tripnya .

70. Jadi ke inget perjalanan ke ijen dan kawah merah, ga kalah menyenangkan dr perjalanan travelingdiah.blog, cuma karena gambarnya terbtas, jadi ga bisa ngeblognya hehehhe, perjalanan saya yamg kurang dan menkafi PR saya kelak adalah ke taman baluran, kemarin udah sempat mau kesana tp karena waktu mepet skejul dirubah langsung back to bali. Next pasti aka baluran, wait for me come.

Mbah diah kapan trips ke balinya? Di bali ga kalah seru sama banyuwangi, dan semua oramg tau :), dan bet keliling juga bisa lebih tepat pake motor, buat tambahan kalo belum ada referensi tempat bisa coba sewa motor di bali sewamotordikuta.com

71. Thank you mbak buat sharingnya, seru sekali. Bisa jadi referensi perjalanan saya nanti.

72. Makasih dah sharing, waktu dekat pengen backpakeran solo trip ke sana nih....
    Dan dan rute akhir ke bima.

73. Assalamualaikum, mba yu. Aku minta kontak kamu boleh? Insyaallah mau ke banyuwangi. Mau nanya2 mba. Thank you mba. Ini alamat email aku: shim.zevand@gmail.com.

Balasan
    1. Halo... U ke kawah ijen kah?
      Sendiri apa rombongan?
      Kali aja bisa join bareng
      Pandji3@gmail.com

Hapus
    2. Kapan ke ijen saya Brit 18-20 mei nih hehe...

3. Niatnya sblum ramadhan branhkat blm pasti tanggalnya, wah u kok pas awal ramadhan brangkatnya?
      Brp orang?

4. Hehe... Antimainstream Wkwkwkwkkwk
      3 orang cewe semua,kita Udah booking trip sih ijen-baluran yuk bareng biar murah open trip nya wkwkwkwk...

5. Sy rencana juli, mau dunk share pengalamannya
      Thks

Hapus
    6. Yuk mba, aku jg lagi nyari temen buat trip ke Ijen, mba Sari bole mbta kontak emailnya? Ini email aku rahmafitri525@gmail.com yuk brg, mau dong yg lain share pengalamannya

74. Terima kasih referensi backpackernya mbak. Adakah yang juli nanti mau ke Ijen?

1. agustus yuk mba tp di weekdays hehe

2. Wah baru aja tgl 5 kemarin pulang dr Banyuwangi. Hehehe

3. Agustus aku mau ke Banyuwangi, tp belom ada tmennya. Lagi nyari2 tmen jg. Yuk mba haridani,. Ini IG aku @rafitria25. Ismi pnya IG ga? Salam kenal ya :)

4. boleh ikutan gabung ngga? saya juga pengen ke banyuwangi nih lagi cari2 info untuk ngetrip kesana. ni ig saya @fbrianrp. bisa dm heh makasih

Hapus
  75. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

76. artikelnya mantap mba. tahun 2018 ini rencana ada trip ke banyuwangi lagi apa ngga ya? boleh minta kontaknya buat tanya2 mba ini email saya @febrianrizki24@yahoo.com. Terimakasih mba:)

77. Waaah keren mbaknya ngetrip cuman berdua, cewek2 semua lgi. Kudu dicoba nih kek mbak. Makasih udah berbagi ceritanya yah. ��

78. Sangat membantu. Rencana Agustus 2019 mau solo backpacking ke Banyuwangi-Bali-Nusa Penida :)

79. Mbak kalau sewa motor tuh 24jam atau setengah hari mbak ???

80. Hallo mbk diah, bisakah minta kontak, kebetulan saya mau ke ijen, mau konsultasi hehe 🙏 email saya kharirsuhaila21@gmail.com