Ekspedisi Sumatera Selatan (4) - Ketika Puncak Masih Terlihat Jauh

Day III

saat ini yang dibutuhkan hanya kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya,
mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya,
leher yang akan lebih sering melihat ke atas,
lapisan tekat yang seribu kali lebih kuat dari baja,
hati yang akan bekerja lebih keras biasanya,
serta mulut yang akan selalu berdoa...

entah berapa hari lagi kami berempat sampe ditujuan yaitu puncak gunung pesagi, rasanya kami semua salah jalur atau nyasar mungkin.. haahh semoga tidak terjadi apa-apa pada kami berempat.

bangun lebih pagi untuk melihat sunrise, indah sekali apalagi puncaknya. enggak sabar kami berempat pengen cepet-cepet sampe puncak gunung..

sunrise gn.pesagi
cahaya ilahi gn.pesagi

setelah makan dan packing kami berempatpun siap kembali melangkahi kaki untuk sampe puncak, semangat semangat semangatttttt !!!!

istirahat dulu
canda tawa yang membuat kami tak lelah sedikitpun
jalurpun lama-lama tidak bersahabat lagi, nanjak nanjak dan nanjak terus. dan kadang gue pun merangkak buat sampe ke atas tanjakan tersebut, jalurnya akar pohon yang sangat licin dan sebelah kiri ada jurang yang ga tau arah kemana jurang itu.

merangkak ke atas :(
berhasil gaya dulu *jepreett*

note : kalau nemuin jalur susah begini biasanya puncak udah mau deket, karena kontur gunung yang makin sempit dan jalur pun berubah jadi curam. 


dan ternyata bener pas gue lagi pasrah pasrahnya tiba-tiba ada burung bagusss banget warnanya biru dia kayak kasih tanda buat gue ikutin burung itu dan ternyata bener pas gue jalan eh gue liet kok ada terpal biru di balik semak-semak dan ternyata itu wc, waahaahahahaha yeeiiyyy punccaaaakkkk
waahh ternyata di puncak ada penghuninya dan ada ayamnya juga, wedeeww kerreeennnn.
makasih burungg :* :* :*

eehh ada ayam jago dipuncak gunung
ayam putih kembar di puncak gunung
burung petunjuk jalan :*

tugu di puncak gunung
prasasti di puncak gunung
foto bareng sama pak somad :)
diah, nia, fityan :)
masjid di puncak gunung
gue cukup terkejut melihat kondisi puncak pesagi ini, yang kayak gini. gila aja di puncak ada masjid, ada rumah juga yang terbuat dari seng-seng ada ayam jago juga. gue binggung jangan-jangan ini bukan puncak tapi bener.. dari cerita yang gue dapet sih jadi orang yang tinggal disini itu namanya "Pak Somad" dia memang tinggal disini sudah lama, sekitar 10 tahunan dan pak somad ini tinggal digunung karena ada sesuatu hal, dahulu kala pak somad itu jadi tawanan dikampungnya karena pak somad itu menjadi tawanan dia melarikan diri ke puncak gunung pesagi ini, dan dia tidak pernah turun ke kampungnya lagi. masjid dan rumah-rumah yang berada dipuncak ini dibangun karena puncak gunung pesagi ini sering diadakan ritual pesugihan nah masjid dan rumah-rumah ini untuk orang-orang yang berdatangan untuk ritual pesugihan. Pak somad ini agak terganggu jiwanya jadi kalau ngomong sama dia agak-agak ngawur yaa wajar sih secara dia sudah tidak tau kehidupan sebenarnya yang dia tau cuman ayam dan burung yang selalu nemenin dia setiap hari. 
Pak somad ini tinggal di gubuk yang beralaskan terpal, setiap hari pak somad makan makanan dari sisa para pendaki yang bermalam dipuncak, dan kadang banyak pendaki yang mengasih logistik makanannya ke pak somad. Pak somad sayang banget sama ayamnya, sampe-sampe ayamnya gue tawar harga 1juta juga kagak mau pak somad malah langsung peluk si ayam, hahahaha
lucunya ayamnya kalau udah malem dimasukin ke dalem karung beras nah ayamnya bobo didalem karung beras deh, hahahaha
kasian ayamnya enggak bisa berkokok, kata pak somad biar ayamnya enggak kedinginan dimasukin ke dalem karung dah, hahahaha
kan di puncak ada masjid ya pas gue sholat pas gue samain sama kompas ternyata kiblatnya melenceng, haddoohhhh untung gue cek kompas dulu kalo enggak bisa berabe dah sholat kiblatnya gak bener, -____-"
sebenernya kami berempat ditawarin nginep di rumah sengnya pak somad cuman pas gue masuk ke dalem rumah itu kok dinginnya makin menjadi ya, oh ternyata seng itu malah cepet dingin kalo di daerah dingin alhasil gue pake tenda aja diluar gpp dingin dingin dah.. hihihi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar