Dieng Culture Festival 2014 (9) - Adat Ritual Rambut Gembel







Asal mulanya adanya rambut gembel itu begini, walaupun sebenernya di internet ada banyak versi cerita yang ada tapi cerita yang  gue bikin ini dari bapa moderator yang menjelaskan tentang sejarah asal muasalnya terjadi anak gembel di dataran dieng ini :

"Dahulu kala, ada seorang putri yang sangat cantik dia bernama Dewi Shinta. Sangking cantiknya dia selalu diperebutkan para lelaki, tetapi para lelaki tidak sanggup untuk melamarnya karena sang Dewi Shinta selalu meminta mas kawin yang sangat banyak.
Suatu ketika ada pangeran yang bernama Pangeran Kidang Gurangan dia satu-satunya pangeran yang menyangupi kemauan mas kawin sang Dewi Shinta, karena sang Dewi tidak pernah melihat sang pangeran tetapi dengan sang pangeran yang menyanggupi semua mas kawin, sang Dewi pun membayangkan akan ketampanan dan kakayaan sang Pangeran dan akhirnya sang Dewi menerima menikah dengan sang Pangeran.
Sang Pangeranpun menyiapkan hadiah-hadiah dan banyaknya mas kawin untuk mempersunting sang Dewi, pada saatnya tiba sang Pangeran pun berangkat ke tempat sang Dewi Shinta, pas Dewi Shinta melihat sang pangeran sang putripun kaget luar biasa karena tidak menyangka kalau sang Pangeran yang akan menikahinya manusia berkepala 'kidjang'. Sang putripun binggung luar biasa, karena nasi sudah menjadi bubur akhirnya sang Ayah dari Dewi Shinta pun langsung membuatkan 1 permintaan lagi "Pangeran, buatkan sebuah lubang (sumur) yang sangat besar untuk negeri dieng ini maka sumur itu akan di gunakan untuk masyarakat dieng, akan ku beri waktu semalam untuk membuat sumur tersebut" lalu sang pangeranpun menyanggupi sang Ayah Dewi Shinta tersebut. Sang Ayah dan Dewi Shinta pun tidak tahu kalau sang pangeran mempunyai kekuatan yang sangat besar dan anak buah yang sangat banyak. Lalu dibuatkanlah sumur tersebut dalam waktu semalam, karena sumur sudah mau selesai dan kekhawatiran sang Dewi Shinta pun makin menjadi. Maka sang Dewi Shinta dan Ayahnya datang ke sumur tersebut tak disangka perbuatan sang Ayah dan Dewi malah menjebloskan sang Pangeran dan semua anak buahnya ke dalam sumur dan ditimbun kembali galian yang sudah ada. Karena sang pangeran merasa ditipu dan sangat kesal maka, sang Pangeranpun berteriak sekeras-kerasnya dan menyumpahkan kepada sang Dewi "Semua keturunan dari sang dewi sampai kapanpun akan melahirkan rambut gembel (gimbal)" sampai akhirnya sang Pangeranpun tewas dan sumur yang di gali itu menjadi "KAWAH SIKIDANG".


nah begitu ceritanya...
jadi adanya anak yang dilahirkan rambut gembel itu adalah titisan dari Dewi Shinta.
dan anak yang berambut gembel itu ketika masa pertumbuhan rambutnya pun aneh, sampai saat ini belum ada yang bisa membuktikan itu penyakit atau apa. Karena setiap anak yang tumbuh rambut gembel (gimbal) gejalanya sang anak akan mengalamai suhu badan yang sangat panas dan itu tandanya rambut gembel pun harus segera di potong. Cara potongnya pun tidak sembarang orang dan tempat. Harus mengikuti RITUAL dan ADAT dari sang leluhur.
maka dari itu adanya acara meriah di dataran tinggi dieng, sekaligus untuk acara ritual rambut gembel (gimbal). 

Acara 1 (Arak-arakan)
anak gembel (gimbal) itu di arak dari rumah sang tetuah dieng sampai ke candi arjuna. sayangnya karena kemaren acara Dieng Culture Festival sangat rame sekali sekitar 25.000 orang jadi gue gak liat arak-arakan karena padatttt sekalii...
acara arak-arakan itu berupa acara adat dan ada barongsai, anak gembel (gimbal) pun naik ke kursi yang di bawa oleh masyarakat dieng dan diikuti oleh para dayang-dayang.

Acara 2 (Pemandian Anak Gembel)
setelah di arak-arak dari rumah sang tetuah anak gembel pun di mandikan rambutnya menggunakan adat. candi nya pun rameee banget sampe-sampe gue hampir keilangan temen lagi. hahaha
akhirnya gue pun dapet tempat strategis buat foto-foto anak gembelnya. asheekk
sangking ramenya ibu dan bapa pejabat banyak juga yang dateng. wwaaawww
kerrennnn banget ini acaranya bener-bener mengesankan >,<
Antusias Pengunjung

Dapet di bagian depan, horasss

Bapak-bapak dan ibu-ibu pejabat, wwaaww

Arak-aarakan dari rumah sang tetuah




7 Anak Gembel yang di mandiin dan di potong >,<


Penuhhh bangett pengunjugnya

Panas Terik Matahari tak mengalahkan para fotografer :)
Acara 3 (Pemotongan Rambut Gembel)
dari candi ini lanjut ke candi arjuna, karena buanyaakk banget pengunjungnya jadi jalannya ngantrii maceettt.. Harusnya gue kan dapet tiket VIP jadi paling depan karena ini campuran dan panitianya gak konsen disini jadi aneh semua yang VVIP,VIP,FESTIVAL nyampur semuaaaa..


Antri Jalan ke Candi Arjuna :(

Dahulukan yang membutuhkan :)

Setidaknya gue dapet foto anak Gembel dari deket :)

Lucu ya, tapi kasian :(

Anak Gembel dan Orang Tuanya

setiap anak gembel yang di potong rambutnya, keinginan dan kemauannya akan dikabulkan para orang tuanya. waaahh enak banget ya.. tapi kasian mereka harus sakit dulu sampe terwujudnya sesuatu.
tahun lalu ada yang minta daging sapi setruck, sepeda ontel warna merah, es lilin punya tetangga, naik kuda. macam-macam permintaan anak gembel ini, tetapi bagaimanapun orang tua harus mewujudkannya walaupun sudah dan harus berkerja keras.
ritual anak gembel ini tidak dari anak dataran tinggi dieng saja, siapapun bisa ikut kalau memang dilahirkan sebagai anak gimbal.

karena antri yang sangat panjang berdesakan, berjubelan, tetapi waktu tidak bersahabat karena jam 11 gue harus pergi dari sini untuk ke terminal wonosobo. alhasil pencukuran rambut gimbalpun gue enggak ikut :( :( :(
yasudahlah taun depan kalau ada waktu insyaallah datang lagi :)


Keramaian Acara DCF

harusnya sih bisa aja jam 12 dari sini tapi gue curiga kalo macet takut gak ada transport makanya jam 11 dari sini biar sampe ke terminal wonosobo jam 3 sore, belum lagi harus ambil oleh-oleh carica di rumah sodaranya temen gue heeuuuu...

sampe depan gerbang bener kan feeling gue kalo maceettt luuaarrr binasssaa..
dan akhirnya gue jalan kaki jauhhhh banget sampe dapet angkutan lewat, tapi sialnya enggak lewat-lewat lagi dan akhirnya ada mobil bak lewat dan gue setopin alhasil gue naik mobil bak, horeeeyyy..

Macetnya jalanan :(
Macetnya enggak abis-abis :(
Basecamp Gn.Prau

Pemandangan dari Mobil Bak >,<


Pemandangan dari Mobil Bak >,<


akhirnya sangking terpesona sama alamnya dieng dari mobil bak, sampe ga tau nih arah mobil bak mau kemana, waakakakaka
untungnya jalan utama cuman 1 enggak ada belok-belok lagi, akhirnya mobil bak ini belok ke taman rekreasi kalianget. waaaa kalo enggak dikejar waktu bisa mampir nih mana masuknya murah bingitss lagi 2rebu, sayangnya dikejar waktu jadi langsung cuss cari angkot lagi ke jl.kauman.

Taman Rekreasi Kalianget 
sampe di jl.kauman bersih-bersih ambil oleh-oleh dan cuss ke terminal wonosobo. lagi-lagi gue naik pahala kencana always :)

selamat tinggal wonosobo, terima kasih dieng :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar